Veneer Gigi, Estetika atau Kesehatan?

Nia Deviyana    •    02 Juli 2015 10:41 WIB
kesehatan
Veneer Gigi, Estetika atau Kesehatan?
Veneer gigi berguna untuk membentuk struktur yang berantakan. (Foto:manndental.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Struktur gigi yang baik memiliki andil besar dalam meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sayangnya, di luar sana banyak orang tak percaya diri untuk tersenyum, lantaran struktur gigi yang tak sempurna. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi modern di bidang kedokteran gigi estetika, siapapun kini dapat memiliki gigi yang sehat dan rapi melalui produk yang ditawarkan. Veneer, salah satunya.

Drg. Anna Ferlinasari, SpKG dari klinik Audy Dental Kemang menjelaskan, veneer merupakan sebuah tindakan reparasi untuk mengubah bentuk dan warna gigi (termasuk membuat gigi berbentuk seperti gigi kelinci). Hal tersebut, biasanya dilakukan untuk mengembalikan rasa percaya diri pasien.

Adapun mekanisme veneer, diawali dengan diskusi antara dokter dengan pasien. Dari perbincangan awal, dokter akan mendalami masalah yang dialami pasien, struktur gigi, dan tindakan apa yang harus dilakukan sebelum veneer dimulai. 

"Dari diskusi, dokter akan tahu, berapa besar ukuran gigi yang harus direparasi, berapa ukurannya, bentuk seperti apa yang diinginkan, riwayat kesehatan giginya bagaimana dan lain-lain," jelasnya. 

Setelah semuanya disetujui, barulah dokter bisa melakukan tindakan. Lebih lanjut, dokter Anna menjamin veneer aman, asalkan, dikerjakan oleh ahli dan tindakannya dilakukan sesuai prosedur. Adapun ketahanannya, veneer bisa bertahan hingga 15 tahun, bahkan lebih, tergantung bahan yang digunakan.

"Bahan untuk veneer bisa dari komposit atau porselen. Umumnya, komposit kurang tahan daripada porselen. Berubah warnanya juga lebih cepat," imbuhnya.

Veneer, estetika atau kesehatan?

Tak dipungkiri, produk perawatan gigi seperti veneer, selalu berkaitan dengan estetika yang berfungsi meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Namun, bukan berarti hal itu bisa diremehkan. 

Dokter Anna menjelaskan, ada dampak panjang ketika seseorang sudah mengalami krisis percaya diri. Dari segi psikologis, dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas sehingga menghambat prestasi. 

Ditinjau dari segi kesehatan sendiri, veneer mampu mencegah masalah gigi lain yang mungkin saja timbul akibat tidak beraturannya struktur gigi.

"Ada pasien yang struktur giginya tak beraturan, sehingga makanan pun rentan nyelip dan susah dibersihkan dengan sikat gigi. Kalau berlangsung dalam waktu lama, lama-lama akan muncul lubang pada gigi. Nah, disitulah produk perawatan gigi dibutuhkan untuk mencegah masalah-masalah lain yang mungkin timbul karena struktur gigi yang tidak rapi," tandasnya.


(LOV)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

8 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /