Pesawat Hercules Jatuh

Panglima: Istri dan Anak TNI Boleh Terbang dengan Hercules

Damar Iradat    •    02 Juli 2015 11:27 WIB
hercules jatuh di medan
Panglima: Istri dan Anak TNI Boleh Terbang dengan Hercules
Keluarga menangis di atas peti mati korban pesawat Hercules Jatuh, Serda Ainul Abidin saat jenazah tiba di rumah duka di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis 2 Juli 2015. Antara Foto/FB Anggoro

Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan keluarga TNI diperbolehkan terbang dengan pesawat Hercules. Dia mengatakan, salah satu fungsi pesawat angkut TNI untuk kesejahteraan anggota.

"Umpamanya ada anggota dari Papua ingin cuti beserta keluargnya, itu bagian dari kesejahteraan. Kalau anggota kami pulang menggunakan pesawat umum, mereka pasti keberatan," kata Moeldoko di Ruang Tamu Panglima TNI, Kamis (2/7/2015).

Menurut Moeldoko, pesawat angkut memiliki dua fungsi; kedinasan dan kesejahteraan. "Dan harus diingat, kesejahteraan itu fungsi dari seorang pemimpin. Itulah konteksnya," tegas dia.

Meski demikian, TNI akan tetap menyelidiki dugaan ada warga sipil selain keluarga TNI di pesawat Hercules C-130 yang nahas tersebut. Kalau ada satu atau dua orang sipil, menurut dia, tidak bisa langsung dikatakan menyalahi aturan, tapi harus diselidiki lebih jauh.

"Kepentingannya apa? Apakah masih ada ikatan keluarga dengan salah satu penumpang TNI? Bisa saja itu ada yang nakal bawa keponakan dan sebagainya," ujarnya.



Keluarga Serda Sugiyanto berdiri di dekat peti mati almarhum saat jenazah disemayamkan di rumah duka di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu malam 1 Juli 2015. Antara Foto/FB Anggoro

Namun, Moeldoko memberikan catatan bahwa pesawat TNI tidak untuk membawa keluarga TNI yang hubungan sedarahnya sudah jauh. "Anak isteri yang diberikan kesempatan naik," tuturnya.

Dia mengatakan, keberadaan warga sipil di pesawat Hercules nomor registrasi A 1310 karena berbagai kemungkinan. Dia mencontohkan, istri salah satu anggota TNI berangkat dari Ranai ke Jakarta beserta tiga anak. Sementara, suaminya tetap di Ranai.

"Ketika pulang ke Ranai, (istrinya) membawa satu orang pembantu. Seperti itu casenya," kata Moeldoko.


(TRK)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /