Kapolri: Penundaan Pilkada Karena Kurang Anggaran Perlu Dibahas

Surya Perkasa    •    02 Juli 2015 16:28 WIB
pilkada serentak
Kapolri: Penundaan Pilkada Karena Kurang Anggaran Perlu Dibahas
Jenderal Badrodin Haiti. Foto: Arya Manggala/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan pengunduran waktu pelaksanaan pilkada serentak karena alasan kurangnya biaya perlu jadi perhatian. Polri, kata dia, bisa saja merekomendasikan penundaan pilkada di beberapa daerah yang anggaran pengamanannya kurang. 

Badrodin menuturkan, hingga saat ini belum ada keputusan soal penundaan pilkada serentak. "Itu kan nanti ada rapat lagi dengan Mendagri bahwa akan diusahakan untuk bisa dikoordinasikan dengan pemerintah-pemerintah daerah," ujar Badrodin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Menurutnya, persoalan kurangnya anggaran mesti dibicarakan lebih lanjut dengan daerah penyelenggara pilkada. Anggaran pengamanan dalam jumlah ideal, kata dia, penting untuk jaminan keamanan.

Selanjutnya, polisi punya kewenangan untuk merekomendasikan penundaan penyelengaraan pilkada. Itu dilakukan jika, anggaran pengamanan jauh dari jumlah ideal. 

"Bisa kita rekomendasikan supaya ditunda saja. Yang sudah ada anggaran, maka siap jalan," kata jenderal bintang empat ini.

Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsudin menilai kurangnya anggaran pengamanan memang dapat mengancam penyelenggaraan pilkada. Politikus Partai Golkar itu mengatakan perlu ada waktu untuk menyiapkan anggaran pilkada.

"Apabila pada saatnya tidak terpenuhi anggaran, itu harus ada solusi jalan keluar. Karena ketertiban, faktor utama jalannya pilkada," kata Aziz.

"Senin depan konsultasi dengan Mendagri dan nanti kita akan lanjutkan rapat dengan para Kapolda," ungkap Aziz.

Aziz menuturkan pengunduran penyelenggaraan pilkada harus disetujui pemerintah. Tak serta merta pilkada diundur dengan alasan anggaran tak cukup.

"Tentu harus persetujuan pemerintah dan harus ada Perppu. Tapi usulan mundurnya jadwal pilkada itu masih wacana," kata Aziz.



(KRI)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

11 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /