Bepe Pensiun dari Timnas

- 02 April 2013 08:01 wib
ANTARA/Yudhi Mahatma
ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah memperkuat timnas Indonesia sejak 1998, Bambang Pamungkas akhirnya resmi mundur dari skuat Merah Putih.

Tercatat 85 penampilan ditorehkan pemain kelahiran Semarang, 10 Juni 1980 itu bersama timnas dengan lesakkan 37 gol.

Dalam kariernya, Bepe, demikian ia disapa, sudah memperkuat timnas sejak U-19, sebelum memperkuat timnas U-21 pada 2002. Pada 1999-2003, Bambang kemudian memperkuat timnas U-23 sebelum akhirnya mengenakan kostum timnas senior hingga Piala AFF 2012.

Lewat kolom tulisannya yang dimuat di blog pribadinya bambangpamungkas20.com, keputusan mundur itu sudah terpikirkan setelah Piala AFF 2012.

“Awalnya saya pikir semuanya akan berjalan dengan mudah. Tinggal merangkai kata, upload ke blog pribadi dan kemudian menyebarluaskan melalui akun twitter saya. Selesai perkara,” kata Bambang yang musim ini juga mundur dari Persija Jakarta.

“Namun, pada kenyataannya tidak semudah yang terpikir di benak saya. Butuh waktu lama untuk pada akhirnya saya berani untuk menulisnya. Padahal keputusan ini sudah saya ambil sejak empat bulan yang lalu. Iya, sejak empat bulan yang lalu,” sambungnya.

Bambang menambahkan bahwa kata 'Pamungkas' sekaligus sebagai penggambaran kiprahnya di timnas. Dalam bahasa Indonesia, pamungkas memiliki arti yang terakhir.

"Bagi mereka yang memperhatikan penampilan saya di Piala AFF 2012, sejatinya ada hal yang tidak biasa tersaji di sana. Ketika itu pada detik-detik terakhir, saya memutuskan untuk menggunakan nama 'Pamungkas' ketimbang memakai nama 'Bambang' seperti yang biasa saya kenakan di jersey tim nasional saya."

Bambang pun sadar keputusannya bukan tanpa risiko. Ia meyakini bahwa keputusannya mundur akan menimbulkan pro dan kontra terutama dari khalayak pecinta sepak bola.

“Akan tetapi, saya adalah saya, pribadi yang selalu berusaha untuk berkata benar jika memang benar dan mengatakan salah jika memang demikian adanya dengan apa pun risikonya,” terangnya.

Setelah mundur, pemain berusia 32 tahun tersebut tidak lupa mengucapkan terima kasih untuk suporter yang tidak kenal lelah selalu berdiri di belakang panji-panji tim nasional Indonesia. (Ghani Nurcahyadi)

()

INGGRIS
SPANYOL
JERMAN

Presiden Pilihan Kita Bersama Najwa Shihab (15)

10 Juli 2014 01:08 wib

Presiden Pilihan Kita, Rabu (09/07/2014): Hadir bersama Najwa Shihab yaitu ketua umum PKPI, Sutiyoso. Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella. dan Ketua DPP PKB, Marwan Jafar.