Kemenlu: Hubungan RI-Australia Tidak dalam Titik Terendah

Fajar Nugraha    •    02 Juli 2015 17:57 WIB
indonesia-australia
Kemenlu: Hubungan RI-Australia Tidak dalam Titik Terendah
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir (Foto: MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI menyebutkan hubungan Australia-Indonesia tidak dalam titik terendah.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir komunikasi antara kedua negara tidak dalam titik terendah.

"Saya tidak melihat komunikasi itu tidak dalam titik terendah ya. Karena terus berkomunikasi dalam berbagai tingkat hubungan ya, baik tingkat teknis, direktur, dirjen, dan tingkat menteri juga berlangsung terus," ujar Arrmanatha, di Ruang Palapa, Kemenlu RI, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Menurut Arrmanatha, Menlu Australia dan Menlu Malaysia mengucapkan belasungkawa atas kecelakaan Hercules kepada Menlu Retno Marsudi.

"Itu komunikasinya ada. Bedanya mungkin kita gak excited. Apakah perlu tiap komunikasi (dengan Australia) kita lapor ke media? gak begitu kan?" tegas Arrmanatha.

"Soal ucapan pejabat negara lain untuk belasungkawa kan penting, jadi kita sampaikan ke media. Menlu Australia, dekat dengan menlu kita. Selain sama-sama perempuan di suatu peta politik global yang sangat keras," imbuhnya.

Mengenai rencana pertemuan antara kedua Menlu, masih akan diatur dalam bentuk East Asia Summit (EAS) di sela-sela pertemuan ASEAN. Namun diketahui apakah akan ada pertemuan bilateral antara kedua menlu.

Sementara ketika ditanya mengenai perbaikan hubungan, Arrmanatha menyampaikan bahwa hubungan dengan negara tetangga pasti ada naik turun.

"Kita gak bisa bilang terlalu rendah. Yang penting skrang yang kita sampaikan adalah komunikasi dengan mereka tetap berjalan dengan baik, progam-program kerja sama juga baek," tutur Arrmanatha.

Bagian pihak Kemenlu, yang paling penting saat ini adalah ada niat baik pihak Australia maupun Indonesia meningkatkan, memperbaiki terus hubungan kedua negara. Ini yang terus dipegang oleh Indonesia.


(FJR)


Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough
Jelang Liverpool vs AS Roma

Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough

15 minutes Ago

Rombongan tim AS Roma, termasuk jajaran pelatih dan para pemainnya telah tiba di Liverpool pada…

BERITA LAINNYA
Video /