PM Malaysia Tersandung Aliran Dana Sebesar Rp9,3 Triliun

Fajar Nugraha    •    03 Juli 2015 12:02 WIB
najib razak
PM Malaysia Tersandung Aliran Dana Sebesar Rp9,3 Triliun
PM Malaysia Najib Razak (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dikabarkan menerima uang sebesar USD700 juta atau sekira Rp9,3 triliun. Namun tuduhan itu dibantah oleh pihak yang dituduh memberikan dana.

Dana tersebut dikabarkan mengalir dari perusahaan 1Malaysia Development Berhard (1MDB). Perusahaan sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Malaysia.

Namun The Wall Street Journal mengeluarkan laporan bahwa dana besar itu dikabarkan telah ditransfer oleh pihak 1MDB ke dalam rekening pribadi Najib.

Bila tuduhan tersebut benar, maka ini merupakan kali pertama PM Najib dikaitkan langsung terkait tuduhan korupsi yang menyelubungi dana bermasalah itu.

Tuduhan tersebut pun dibantah oleh seorang juru bicara Pemerintah Malaysia. Menurutnya, Najib tidak pernah menerima dana tersebut.

"Berdasarkan laporan media itu, 1MDB ingin menjelaskan bahwa pihak perusahaan tidak pernah menyediakan dana apapun kepada perdana menteri," ujar pihak 1MDB, seperti dikutip Reuters, Jumat (3/7/2015).

"Laporan tersebut sangat tidak bertanggungjawab dan merupakan yang sengaja untuk merusak nama baik perusahaan," jelas pernyataan itu.

Pemerintahan Najib saat ini terus diperlemah dengan serangan dari pihak oposisi. Selain itu dia juga diserang oleh partainya sendiri atas tuduhan korupsi dan kesalahan manajemen.

Mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad bahkan menuntut Najib untuk mundur dari jabatannya terkait kasus 1MDB.

Sementara pihak The Wall Street Journal menyebutkan bahwa dana tersebut masuk ke dalam lima rekening deposito Najib. Pihak Kantor Perdana Menteri Malaysia pun akan mengeluarkan pernyataan resmi mengenai tuduhan ini.

 


(FJR)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

13 minutes Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /