Penemu SMS Matti Makkonen Tutup Usia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    03 Juli 2015 13:34 WIB
teknologi
Penemu SMS Matti Makkonen Tutup Usia
Matti Makkonen sang penemu SMS telah meninggal.

Metrotvnews.com: Matti Makkonen, yang dijuluki sebagai "Bapak SMS", telah menutup usia di umur 63 tahun. Makkonen pertama kali mengeluarkan ide untuk membuat SMS di tahun 1984.

Ketika itu, dia bekerja sebagai seorang pegawai negeri. Dia meluncurkan ide SMS saat sedang memakan pizza dalam sebuah konferensi telekomunasi di Copenhagen. Kerjanya dianggap sebagai alasan mengapa pengembangan SMS bisa sukses. Meskipun begitu, Makkonen tak mendapatkan uang sepeser pun dari penemuannya karena dia tidak berusaha untuk mematenkannya.

Teknisi asal Finlandia ini juga mengaku bahwa dia membenci julukannya sebagai "Bapak SMS". Dalam beberapa wawancara, dia menyebutkan bahwa teknisi-teknisi lainnya juga memiliki peran penting dalam penemuan SMS. Untuk lebih tepatnya, para teknisi lain juga berjasa dalam menciptakan standar untuk SMS.

Proses pengembangan SMS dapat maju dengan cepat setelah Makkonen turun tangan. Pembatasan 160 karakter dalam setiap SMS ditentukan di tahun 1985 oleh Friedham Hillebrand. Sementara SMS pertama dikirimkan oleh Neil Papworth di tahun 1992. Isi SMS ini adalah ucapan selamat natal yang dikirimkan kepada Direktur Vodafone, Richard Jarvis, dalam sebuah pesta natal.

Makkonen tak mengumbar campur tangannya dalam pembuatan SMS. Setelah media mengadakan investigasi, barulah diketahui bahwa Makkonen memiliki andil dalam pengembangan SMS. Saat di wawancara oleh BBC di 2012 sebagai perayaan ulang tahun teknologi SMS ke 20, Makkonen berkata, "Saya tidak merasa adanya SMS adalah prestasi saya pribadi. Suksesnya SMS adalah bukti dari usaha gabungan banyak orang untuk mengumpulkan banyak ide dan membuat spesifikasi layanan yang mungkin dari ide tersebut."

Dalam wawancara tersebut, Makkonen juga mengakui bahwa dia tidak mengerti bahasa SMS, meski dia melihat SMS dapat membuat bahasa yang ada berkembang. Dia juga mengatakan bahwa SMS akan terus ada untuk waktu yang sangat lama.

"Saya percaya bahwa kemudahan penggunaan pesan teks akan terus digunakan selamanya. Meski mungkin kita tidak selalu menyebutnya SMS," kata Makkonen.

Selain SMS yang pertama kali dikirimkan di tahun 1992, satu SMS unik lainnya adalah pesan yang dikirimkan oleh Canberra Deep Space Communication Complex di Australia. SMS ini berbunyi "Hello from Earth" - "Hai dari Bumi" - yang dikirimkan ke planet Gliese 581d. Gliese 581d adalah planet yang berada di luar tata surya yang dipercaya memiliki keadaan yang kondusif sehingga kehidupan dapat berkembang. Hingga saat ini, mereka masih menunggu SMS balasan. (Wired/Mirror)


(ABE)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

2 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /