50% Lebih Pendaftar Capim KPK Tak Lengkapi Administrasi

Dheri Agriesta    •    03 Juli 2015 13:09 WIB
pansel kpk
50% Lebih Pendaftar Capim KPK Tak Lengkapi Administrasi
Pansel KPK----Ant/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) Destry Damayanti menyebut, lebih dari setengah pendaftar calon pimpinan tak melengkapi persyaratan administrasi. Padahal, kelengkapan ini mempengaruhi lolos atau tidaknya seorang calon dalam tahapan administrasi.

"Dari kelengkapan dokumen itu, belum sampai 50 persen, sekitar 45 hingga 48 persen sejauh ini. Jadi yang enggak lengkap itu di atas 50 persen," kata Destry saat ditemui di Gedung Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (3/7/2015).

Pansel KPK, kata Destry, sudah mengingatkan pendaftar yang tak melengkapi dokumen. Tim seleksi mengirimkan e-mail kepada mereka untuk segera melengkapi dokumen yang masih kurang.

"Kita langsung kirim email, kalau serius kan mereka akan melangkapi. Beberapa sih cepat ada yang langsung melengkapi," kata dia.

Tak hanya kelengkapan dokumen, Destry menyebut pansel akan melihat kecocokan latar belakang dari curiculum vitae pendaftar. Latar belakang pekerjaan yang dimiliki harus memiliki hubungan dengan aktivitas pemberantasan korupsi.

"Kita lihat kompetensi kerjaannya pas atau tidak. Dia ingin jadi pimpinan KPK tapi kerjaannya tidak yang terkait. Misal, 15 tahun pengalaman kerja, tapi di barbers shop. Kan itu bagaimana, jauh banget kan? Kita dari awal lihat itu," kata Destry.

Pendaftaran capim KPK akan ditutup hari ini sekitar pukul 12.00 WIB. Sabtu 4 Juni besok, Pansel KPK akan mengumumkan nama-nama yang lolos tahapan administrasi. Nama-nama itu nantinya mengikuti tahapan seleksi yang ditentukan Pansel KPK.

Hingga pagi tadi, 580 nama sudah dikantongi Pansel KPK. 16 orang dengan latar belakang polri diketahui ikut bersaing. Sedangkan TNI tak sampai setengah dari jumlah polri yang mendaftar. Destri pun menyebut, sekitar 10 persen pendaftar merupakan perempuan.


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /