Gagal Panen, Petani Sayuran Bingung tak Bisa Berlebaran

Bambang Mujiono    •    03 Juli 2015 15:42 WIB
kemarau
Gagal Panen, Petani Sayuran Bingung tak Bisa Berlebaran
Seorang petani berada di tengah-tengah lahan yang mengalami kekeringan di Tegal, Metrotv/ Bambang Mujiono

Metrotvnews.com, Tegal: Kekeringan mengancam puluhan hektare tanaman sayur di wilayah Kabupaten dan Kota Tegal, Jawa Tengah. Kondisi itu mengakibatkan petani terancam gagal panen dan mereka pun bingung tak bisa berlebaran.

“Kesulitan air dalam sebulan terakhir. Makin parah, akibatnya tanaman sayuran seperti timun, tomat, cabai rawit dan cesim, banyak yang mati dan rusak parah karena enggak ada air mas," kata Ruswandi, petani di Desa Tunon, Tegal, Jumat (3/7/2015).

Lantaran kering, petani tak bisa memanen sayur-sayuran. Padahal mereka berharap hasil panen dapat menjadi pemasukan untuk mereka merayakan Lebaran. Namun panen gagal, sehingga mereka tak memiliki banyak uang untuk berlebaran.

"Kondisi ini diperparah dengan maraknya hama ulat yang mneyerang tanaman mereka,  akibatnya  tanaman yang diharapakan bisa dipanen menjelang lebaran ini musnah,tak tersisa,”tegas Ruswandi lagi.

Sakwid, petani di Desa Kepandean, pun mengakui hal serupa. Ia dan teman-temannya mengaku kekeringan terjadi dalam dua pekan akhir. Hujan tak turun. Mereka pun mengandalkan sumber mata air di sekitar perkebunan.

"Namun kenyataannya sumber air mengering , sementara aliran air dari  mata air ke aereal sawah kami  terhenti karena mengering ,dan tanamanpun mati tersengat panasnya matahari dan kencangnya angin ,”tegas Sakwid, 56.

Sakwid mengaku merugi sedikitnya Rp3 juta per petak. Sementara ia dan keluarganya bergantung pada hasil panen untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

"Karena gagal panen ya jelas keluarga kami tidak bisa berlebaran. Karena tidak punya duit. Sementara utang bibit dan pengolahan tanah kami kemarin belum dibayar, pusing mas," tutur Sakwid.

 


(RRN)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

6 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /