Arahan Jokowi ke Bos Bea Cukai Baru

Suci Sedya Utami    •    04 Juli 2015 10:01 WIB
bea dan cukai
Arahan Jokowi ke Bos Bea Cukai Baru
Heru Pambudi (kiri). FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

Metrotvnews.com, Jakarta: Dirjen Bea Cukai terpilih, Heru Pambudi, mendapat pesan khusus dari Presiden Joko Widodo ke Istana Presiden. Heru mengaku Presiden Jokowi memberi beberapa arahan pada dirinya sebagai nakhoda baru Bea Cukai.

"Presiden Jokowi memberikan tiga arahan terkait pelaksanaan tugas, kata Heru dalam bincang dengan media di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Juli 2015.

Pertama, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai diminta untuk fokus memberantas peredaran barang-barang ilegal di antaranya ilegal impor dan ilegal cukai. Presiden Jokowi, kata Heru, agar institusinya dapat menanggulangi penyelundupan yang bisa mengganggu industri dalam negeri.

"Kita diminta menanggulangi barang impor ilegal berupa produk jadi seperti beras yang bisa mengganggu petani atau yang membuat produsen dalam negeri tersingkir karena tidak fair," ujar dia.

Kedua, Presiden meminta DJBC untuk bersama-sana dengan institusi lain mengurangi proses dwelling time yang saat ini masih memakan waktu 5,5 hari. Sedangkan Presiden Jokowi inginnya, dwelling time dipercepat menjadi 4,7 hari.

"Jadi kita diminta tidak hanya fokus ke customs clearence, namun juga menangani precustoms clearence dan post customs clearence," ulasnya.

Terakhir, karena tantangan ekonomi saat ini sedang dalam kondisi yang berat sehingga mempengaruhi pendapatan negara, dirinya diminta agar menempatkan pejabat-pejabat Bea Cukai yang profesiaonal sesuai tempatnya.

"Jika diperlukan adanya perombakan akan dilakukan, namun tidak total dirombak. Kalau sudah tepat di posisinya ya akan dipertahankan, dan sebaliknya," jelas dia.


(AHL)

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat
AC Milan 2017--2018

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat

1 hour Ago

CEO AC Milan, Marco Fassone mengatakan perekrutan Nikola Kalinic melengkapi skuat musim ini. It…

BERITA LAINNYA
Video /