Hati-hati Jalur Ciregol Rawan Longsor

Kuntoro Tayubi    •    04 Juli 2015 14:44 WIB
mudik lebaran 2015
Hati-hati Jalur Ciregol Rawan Longsor
Foto: Jalur Ciregol, Brebes, Jawa Tengah/MTVN_Kuntoro Tayubi

Metotvnews.com, Brebes: Jalur Ciregol, Brebes, Jawa Tengah, yang sempat ditutup karena ambles, akan dibuka kembali untuk dilalui pemudik Lebaran 2015. Rencananya, jalur penghubung Tegal-Purwokerto itu dapat dilalui kendaraan pemudik pada 10 hari jelang Lebaran.

Hingga saat ini, perbaikan jalan yang ambles akibat longsor itu masih berlangsung. Perbaikan jalan menggunakan geotekstil (Geotextile) yakni lembaran sintetis yang tipis dan fleksibel untuk stabilisasi tanah dasar terutama tanah lunak sebagai antisipasi longsor.

"Dari sisi teknis karena ada sungai di bawah maka sudah disiapkan satu jalur untuk sungai itu. Menggunakan paralon, kemudian ada plastik semacam geotekstil sehingga untuk mengkanalisasi air yang ada di bawahnya," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Brebes AKP Rendy Jul Ikhlas, di Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (4/7/2105).

Rendy mengingatkan saat arus mudik, kondisi jalur Ciregol belum dapat pulih 100 persen. Ia khawatir anomali cuaca hingga hujan deras bisa saja terjadi.

"Sampai hari ini, yang penting jalannya tidak ada pergeseran. Makanya perlu penahanan yang kuat dulu. Mudah-mudahan tidak ada hujan turun," ujarnya.

Sebelumnya, jalan nasional yang menghubungkan jalur selatan dan utara di daerah Ciregol, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, sempat tidak boleh dilintasi truk bermuatan 13 ton keatas. Menyusul longsor yang mengakibatkan jalur Ciregol ambles beberapa waktu lalu.


(TTD)

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi
Klausul Pembelian Messi

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi

55 minutes Ago

Messi memiliki klausul 300 juta Euro atau jika dirupiahkan menjadi Rp4,7 triliun.…

BERITA LAINNYA
Video /