Tujuh Fakta Menarik Tentang Pemain Anyar Chelsea, Radamel Falcao

Hilman Haris    •    05 Juli 2015 08:44 WIB
chelsea 2015--2016
Tujuh Fakta Menarik Tentang Pemain Anyar Chelsea, Radamel Falcao
Radamel Falcao (LUIS ACOSTA / AFP)

Metrotvnews.com, London: Chelsea resmi mendapatkan Radamel Falcao sebagai pemain pinjaman dari AS Monaco, Jumat 3 Juli. Meski gagal tampil impresif bersama Manchester United pada musim lalu, pelatih Chelsea, Jose Mourinho yakin Falcao bisa bersinar di Stamford Bridge.

Sebelum cedera pada 2014, Falcao memang menjadi salah satu striker tajam di kompetisi Eropa. Berkat kehebatan mengoyak gawang lawan, Falcao akhirnya dibeli mahal oleh Atletico Madrid dari FC Porto pada 2011. Tidak hanya Atletico. AS Monaco juga rela mengeluarkan uang hingga 60 juta euro (Rp890 miliar) saat mendatangkan Falcao dari Atletico pada 2013 lalu.

Fan Chelsea tentu berharap Falcao bisa tampil trengginas seperti yang pernah dilakukan saat membela Porto, Atletico, dan Monaco. Namun sebelum melihat aksi-aksi Falcao sepanjang musim 2015--2016, ada baiknya melihat sejumlah fakta menarik tentang striker berusia 29 tahun tersebut.

1. Ayah Falcao merupakan penggemar olahraga sepak bola. Pemain asal Brasil yang tampil gemilang pada Piala Dunia 1982, Paulo Roberto Falcao menjadi idolanya. Saking memuja pemain itu, nama anaknya pun diberi dengan nama Falcao.

2. Falcao mendapat kontrak profesional ketika masih berusia 13 tahun. Ketika itu, ia dikontrak oleh tim Divisi Dua Liga Kolombia, Lanceros Boyaca. Falcao melakoni debut pada 28 Agustus 1999 pada usia 13 tahun 199 hari. Catatan itu menjadikan Falcao sebagai pemain termuda yang bermain di kompetisi profesional di Kolombia.

3. Julukan El Tigre melekat di diri Falcao hingga saat ini. Ia pertama kali mendapat julukan itu saat memperkuat klub Argentina, River Plate pada 2001. 

4. Andai tidak menjadi pesepak bola profesional, Falcao berencana menjadi seorang penulis atau wartawan. Ia ingin menjalani profesi itu karena sempat mempelajari ilmu jurnalistik di Universitas of Palermo di Buenos Aires, Argentina.
 
5. Atletico Madrid membeli Falcao seharga 35 juta poundsterling pada 2011 usai kehilangan Sergio Aguero yang hengkang ke Manchester City. Uang transfer sebesar itu menempatkan Falcao sebagai pemain termahal Atletico hingga kini. Selama membela Atletico, Falcao sukses mencetak 68 gol dari 83 laga. Catatan itu membuat mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola sampai menyebut Falcao sebagai striker paling berbahaya ketika berada di kotak penalti.

6. Mantan striker AS Monaco dan Arsenal, Thierry Henry merupakan idola Falcao. Atas alasan itulah Falcao akhirnya mau menerima pinangan Monaco dan bersedia menandatangani kontrak berdurasi lima tahun pada 2013 lalu. "Hati saya sudah berada di Monaco sejak idola saya, Henry bermain di sana," ungkap Falcao ketika diperkenalkan sebagai pemain Monaco.

7. Falcao cedera sebelum Piala Dunia 2014 usai ditekel Soner Ertek saat memperkuat Monaco kontra AS Chasselay. Suporter timnas Kolombia menangisi sekaligus kesal dengan kabar itu. Tak terima pemain andalannya gagal tampil di Piala Dunia 2014, suporter Kolombia akhirnya mengancam akan membunuh Soner Ertek.



(HIL)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

9 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /