Manfaat Menyantap Makanan Berlemak

   •    05 Juli 2015 14:41 WIB
kesehatan
Manfaat Menyantap Makanan Berlemak
Makanan berlemak memiliki manfaat bagi tubuh (Foto:Think Stock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak lama, banyak orang beranggapan lemak adalah sesuatu yang jahat karena bisa menyebabkan kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan obesitas. Namun, tahukah Anda bahwa lemak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh?

Studi ilmiah menunjukkan, ada banyak manfaat dari mengonsumsi makanan berlemak.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi banyak lemak.

Penting bagi kesehatan otak
Anda perlu tahu bahwa jaringan otak terdiri dari 60 persen lemak. Artinya, ketika Anda mengonsumsi makanan rendah lemak, Anda telah merampas bahan yang dibutuhkan otak untuk berfungsi dengan baik. Lemak juga sangat dibutuhkan tubuh untuk mengangkut vitamin penting seperti vitamin A, D, E dan K yang tidak larut dalam air.

Membuat paru-paru bekerja dengan baik
Paru-paru Anda juga dilapisi oleh zat yang hampir seluruhnya berasal dari lemak jenuh. Bahkan bayi yang lahir prematur akan diberikan 'surfaktan' untuk menjaga paru-paru mereka bekerja dengan baik. Beberapa penelitian bahkan telah melihat hubungan antara konsumsi rendah lemak jenuh dengan dengan asma.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dokter Michael dan Dr. Mary Eades dalam bukunya Good Calories, Bad Calories menuliskan bahwa minyak jenuh yang ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa berperan dalam kesehatan dan kekebalan tubuh. Mereka juga menyatakan, hilangnya asam lemak jenuh akan memengaruhi sel darah putih sehingga menghambat kemampuan untuk mengenali dan menghancurkan virus, bakteri, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh.

Membuat kulit sehat
Lemak dapat membuat sebagian besar membran sel dan kulit menjadi lebih sehat. Tanpa konsumsi lemak yang tepat, kulit Anda menjadi kering dan pecah-pecah yang bisa membuka jalur bagi infeksi untuk masuk ke tubuh.

Baik untuk jantung
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak jenuh dapat menghindarkan diri dari penyakit jantung. Selain itu, lemak juga memberikan dua kali energi kalori karbohidrat sehingga membuat makan lebih sedikit karena Anda kenyang lebih tahan lama. (Ningtriasih/Lifehack)


(ROS)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /