Pansel KPK Tak Boleh Bekerja di Bawah Tekanan

Damar Iradat    •    06 Juli 2015 09:33 WIB
pimpinan kpk
Pansel KPK Tak Boleh Bekerja di Bawah Tekanan
Pansel Capim KPK. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi III DPR, Nasir Djamil mengatakan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak boleh bekerja di bawah tekanan. Tujuannya, agar Pansel bisa memilih calon pimpinan KPK berkualitas.

"Pansel tak boleh bekerja di bawah tekanan banget atau longgar banget. Mereka harus punya guidance. Sebab, kalau pansel bekerja di bawah tekanan, itu menurut saya akan membuat pansel tak bisa bergerak sama sekali," kata Nasir, Senin (6/7/2015).

"Kalau Pansel bekerja dalam tekanan, hasil yang dikeluarkan dikhawatirkan kredibilitasnya. Nanti orang akan menyalahkan Pansel, DPR juga akan bilang 'kami diserahkan pansel orang-orang seperti itu'," paparnya.

Dia yakin jika bekerja maksimal, Pansel bisa mengetahui orang-orang yang mampu memimpin KPK. "Nanti uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Maka orang yang menjadi calon nantinya harus patut dan layak," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch Emerson Yuntho sepakat Pansel KPK harus terus didukung. Kinerja Pansel akan sangat menentukan nasib KPK empat tahun ke depan.

"Kerja Pansel ini kan sangat menentukan masa depan KPK dan pemberantasan korupsi empat tahun ke depan. Kalau Pansel menghasilkan calon terbaik, pastinya akan mewujudkan pimpinan KPK terbaik dan institusi KPK yang lebih baik," kata dia.

"Kalau dia salah memilih ini akan memberikan pengaruh buruk juga buat KPK ke depan," tutup Emerson.

Pansel KPK telah mengumumkan 194 nama yang lolos seleksi tahap pertama capim KPK. Mereka berlatar belakang advokat, anggota Komisi Yudisial, aktivis, swasta dan BUMN, dosen, auditor, jaksa, hakim, anggota Polri, purnawirawan Polri dan purnawirawan TNI.


(TRK)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /