DPR Minta AP II Rutin Gelar Latihan Manajemen Krisis

M Rodhi Aulia    •    07 Juli 2015 08:14 WIB
kebakaran
DPR Minta AP II Rutin Gelar Latihan Manajemen Krisis
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia/Foto: Dok Pribadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia menilai pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Angkasa Pura II harus melakukan latihan manajemen krisis secara komprehensif. Pelatihan itu harusnya dilakukan rutin, setiap dua tahun sekali.

"Dari tinjauan pada Februari lalu, kami di Panja Keselamatan, Keamanan dan  Peningkatan Kualitas  Penerbangan, belum ada perubahan khusus untuk emergency dan rescue," kata Yudi dalam Bicang Pagi Metro TV, Selasa (7/7/2015).

Politikus PKS ini menjelaskan, pihaknya belum melihat latihan yang dilakukan secara penuh oleh PT Angkasa Pura II. Yudi menekankan, latihan ini sangat diperlukan untuk mengatasi insiden Minggu pagi kemarin.

"Latihan belum kami lihat," tegas dia.

Yudi juga mendorong Kementerian Perhubungan sebagai regulator untuk men-support latihan tersebut dan memberikan evaluasi langsung.

"Sekali lagi pengawasan inspektor Kemenhub harus serius melakukan pengawasan dan pembinaan. Setelah latihan skala penuh, perlu ada revisi. Bandara sebesar Soekarno-Hatta, seharusnya di-back up Kemenhub," pungkas dia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi membantah, pihaknya sudah melakukan latihan rutin yang dimaksud Yudi. Bahkan, akhir tahun ini latihan penuh itu akan kembali dilaksanakan.


(OJE)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /