Aksesoris Otomotif

Knalpot New Termignoni, Bikin New Yamaha YZF-R1 Lebih Buas

M. Bagus Rachmanto    •    08 Juli 2015 11:52 WIB
komponen aftermarket
Knalpot New Termignoni, Bikin New Yamaha YZF-R1 Lebih Buas
New Termignoni yang diciptakan khusus buat angkat performa New Yamaha YZF-R1 lebih buas. Ride Apart

Metrotvnews.com: Meskipun tenaga 200 daya kuda dianggap lebih dari cukup bagi sebagian besar pengendara superbike. Namun bagi penggila kecepatan atau sensasi berkendara cepat di lintasan, 200 dk mungkin belum cukup. Salah satu solusi yang biasa ditawarkan bagi yang ogah ribet adalah pasang knalpot slip-on. Seperti halnya yang selalu dilakukan oleh produsen aftermarket knalpot diantaranya Termignoni.
 
New Yamaha YZF-R1 kini telah dilengkapi dengan knalpot New Termignoni, diproduksi menggunakan bahan yang sama seperti knalpot Termignoni Reparto Corse, dan penggunaan peredam yang ada di MotoGP dan top level seri balap lainnya.

New Termignoni menawarkan knalpot yang tebuat dari bahan serat carbon fiber slip-on can, dan titanium one. Ada juga versi lain tanpa pemakaian catalytic converter sebagai pilihan untuk pemakaian di trek balap. Catalytic converter ini befungsi mengurangi emisi gas buang dari mesin, material yang dipakai pun tergolong ringan sehingga dapat mengurangi bobot kendaraan, dan sekaligus meningkatkan performance.

Termignoni menggunakan bahan titanium alloy cuNb, seperti yang digunakan pada pembuatan knalpot racing. Kelebihan material ini mampu menjaga suhu tidak terlalu panas, memiliki kekuatan yang sangat baik, serta ramah lingkungan.
 
Kekuatan material ringan ini dapat bertahan di atas suhu 600 derajat celcius (112 F), sedangkan pada bagian lengan akan melawan oksidasi hingga di atas suhu 800 derajat celcius (1472 F).

Termignoni tanpa versi katalis dapat mengurangi berat sistem secara signifikan, selain itu dapat menghasilkan tenaga tambahan hingga 4 daya kuda. Ini berarti Yamaha YZF-R1 menghasilkan 204 daya kuda pada 13.500 rpm. Dengan penurunan bobot kendaraan, ini akan menjadi sepeda motor yang sangat gesit.

Knalpot ini diproduksi menggunakan dua jenis bahan, yaitu karbon dan titanium. Untuk dapat membawa pulang barang ini, Anda harus menebusnya dengan harga USD782 (sekitar Rp10 juta), dan untuk versi non-katalitik dijual dengan harga USD583 (sekitar Rp7,5 juta).


(UDA)

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma
Jelang Atletico vs AS Roma

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma

3 hours Ago

Atletico Madrid butuh kemenangan agar asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Akan tetapi, …

BERITA LAINNYA
Video /