Rudal Tak Sengaja Terlepas dari Pesawat, 12 Tewas

Fajar Nugraha    •    07 Juli 2015 09:26 WIB
irak
Rudal Tak Sengaja Terlepas dari Pesawat, 12 Tewas
Rumah yang hancur akibat ledakan rudal (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Baghdad: Setidaknya 12 orang dilaporkan tewas setelah sebuah rudal yang tiba-tiba lepas dari sebuah jet tempur milik Irak.

Rudal tersebut lepas dari pesawat tempur SU-25 milik Angkatan Udara Irak. Pesawat itu tengah melintasi Baghdad ketika hendak mendarat.

Tiga rumah langsung hancur di wilayah New Baghdad. Puing-puing bangunan tampak menumpuk di jalanan sekitar Ibu Kota Irak.

Menurut keterangan pihak Kementerian Pertahanan Irak, jet tempur itu sebelumnya bermaksud melakukan serangan terhadap kelompok militan Islamic State (ISIS). Pilot mencoba melepaskan bom, tetapi selalu gagal karena masalah teknis.

Pesawat itu baru saja kembali dari wilayah Haditha di Provinsi Anbar, yang saat ini masih dikepung oleh ISIS.

"Kesalahan semacam ini kerap terjadi, terutama Sukhoi ini usianya sudah sangat tua dan seharusnya sudah tidak digunakan lagi," ujar teknisi militer Irak, Mohammed al-Iraqi, seperti dikutip AFP, Selasa (7/7/2015).

Tahun lalu Irak menerima Sukhoi Su-25 dari Rusia dan Iran, sebagai bagian bantuan untuk memerangi ISIS. Amerika Serikat (AS) sebelumnya disebutkan akan memberikan pasokan jet tempur F-16, namun tidak ada satu pun pesawat yang dikirim.

AS justru mengirim pilot Irak untuk pelatihan di Arizona. Salah satu pilot Irak tewas saat berlangsung latihan pengisian bahan bakar di udara di Juni lalu.


(FJR)

Video /