Pewarna Tekstil Ditemukan di Tempat Penjualan Takjil Jakarta Pusat

deny aryanto    •    07 Juli 2015 09:54 WIB
ramadan 2015
Pewarna Tekstil Ditemukan di Tempat Penjualan Takjil Jakarta Pusat
Ilustrasi--MI/ANGGA YUNIAR

Metrotvnews.com, Jakarta: Penjualan makanan saat bulan suci Ramadan di Jakarta Pusat masih rawan mengandung zat berbahaya. Seperti pengawasan yang dilakukan di sekitar pusat jajanan hidangan buka puasa atau takjil di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (6/7/2015), ditemukan sejumlah makanan sengaja dicampur pewarna tekstil.

Razia kali ini dilakukan oleh puluhan petugas dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan Perdagangan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta dan Jakarta Pusat.

Pengawasan dilakukan di pusat penjualan masakan Padang dan lamang di Jalan Kramat, Senen. Sampel makanan yang diambil meliputi kerupuk, kolak, lontong, gorengan, ikan bakar, gulai, serta hidangan es buah, dawet, dan es campur.

"Semua sampel makanan langsung diuji dalam mobil laboratorium keliling. Selain untuk mengawasi peredaran makanan berbahaya, juga mendata jumlah pedagang musiman," terang Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta, Irwandi, Senin (6/7/2015).

Setelah hasil uji laboratorium keluar, ditemukan dua buah sampel es campur terbukti mengandung zat Rodhamin B atau pewarna tekstil. "Zat seperti ini sangat berbahaya di konsumsi. Apalagi saat bulan puasa, kondisi tubuh telah seharian tidak terkena makanan maupun cairan,"katanya.

Di tempat sama, Kepala Suku Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Jakarta Pusat, Ety Syartika mengutarakan, terhadap pedagang nakal, pihaknya langsung membuat laporan dan menelusuri lebih dalam apakah barang yang dijual didapatkan dari luar atau diproduksi sendiri. Terhadap pedagang lain, pembinaan terus dilakukan secara intensif.

"Kalau sampai ada kasus tertentu, pasti pedagang yang paling dirugikan. Makanya kita terus lakukan pembinaan. Pastinya (pedagang nakal) langsung kita coret dari daftar pedagang binaan," tandasnya.


(YDH)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

14 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /