OJK Pantau Penerapan Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan

Eko Nordiansyah    •    07 Juli 2015 10:32 WIB
jasa keuangan
OJK Pantau Penerapan Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memantau penerapan program perlindungan konsumen yang dilakukan oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) untuk melihat kepatuhan dalam pelaksanaan POJK Nomor 1/POJK.07/ tentang perlindungan konsumen sektor jasa keuangan beserta peraturan pelaksanaannya.

Oleh karena itu, OJK menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pemantauan dan Analisis Perlindungan Konsumen di sektor jasa keuangan untuk menyampaikan pemantauan program perlindungan konsumen ini kepada PUJK.

"OJK wajib memastikan baik PUJK maupun konsumennya melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak sesuai yang diperjanjikan," ujar Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, Agus Sugiarto di Gedung Menara Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2015).

Dia menambahkan, sosialisasi dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada PUJK bahwa OJK akan melaksanakan pemantauan program perlindungan konsumen terhadap implementasi pelaksanaan prinsip perlindungan konsumen yang telah dilaksanakan oleh PUJK.

Selain itu, OJK juga mendorong masyarakat untuk memahami dan mengetahui manfaat, biaya dan risiko dengan membaca segala syarat dan ketentuan produk dan jasa layanan keuangan.

"Sementara kepada PUJK, OJK memastikan dipenuhinya aspek transparansi, perlakuan adil, keandalan, menjaga kerahasiaan data konsumen, melakukan penanganan pengaduan," jelas dia.


(AHL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /