500 Pengacara Ramai-Ramai Bela Dua Wanita di Moroko

Willy Haryono    •    07 Juli 2015 15:30 WIB
peristiwa unik
500 Pengacara Ramai-Ramai Bela Dua Wanita di Moroko
Warga Moroko berunjuk rasa di Casablanca, 28 Juni 2014, mengecam penangkapan dua wanita yang ditahan polisi karena dinilai mengenakan pakaian kurang pantas di hadapan publik. Keputusan kasus ini akan keluar pada 13 Juli 2015. (Photo: AFP / FADEL SENNA)

Metrotvnews.com, Agadir: Ratusan pengacara membela dua wanita yang disidang atas tuduhan "berpakaian tidak pantas" di hadapan publik. 

Keduanya ditangkap di kota Agadir pada pertengahan Juni setelah berjalan melewati sebuah pasar dalam pakaian model dress. Hal ini memicu kemarahan pejalan kaki dan pengendara kendaraan di negara kerajaan muslim konservatif itu. 

Menurut kepala organisasi hak asasi perempuan LDDF, Fouzia Assouli, keputusan pengadilan terkait kasus keduanya akan keluar pada 13 Juli mendatang.

Dua wanita itu, yakni penata rambut berusia 23 dan 19, dijerat pasal "perilaku tak pantas" dengan ancaman hukuman dua tahun penjara. 

Mereka didukung ratusan pengacara, yang memadati ruang persidangan di Moroko. 

"Lima ratus pengacara ingin membela dua wanita ini, tapi karena terbatasnya ruang pengadilan, hanya 200 yang dapat hadir," ucap Assouli kepada AFP, Senin (6/7/2015). 

Salah satu pengacara, Sibai Bakar, mengatakan persidangan ini adalah "kesempatan bagi negara kita untuk mengubah hukum terkait komitmen membela hak asasi manusia, terutama kebebasan individual."

Organisasi HAM dan pendemo berencana menggelar unjuk rasa besar-besaran pekan ini di Agadir dan Casablanca untuk mendukung dua wanita itu. Dalam laporan polisi, kedua wanita dituding memakai pakaian yang "terlampau ketat."

Menurut undang-undang Moroko dalam Artikel 483, siapapun yang terbukti bersalah melakukan aksi "tak pantas" di hadapan publik dapat dipenjara antara sebulan hingga dua tahun. 

Bulan lalu, bintang pop Jennifer Lopez memicu kemarahan warga konservatif Moroko karena memakai baju seksi dalam sebuah konser di ibu kota Rabat yang disiarkan di televisi nasional. 



(WIL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

14 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /