50 Blogger 'Uji' Tol Cipali

Kesturi Haryunani    •    07 Juli 2015 16:27 WIB
kemenpu ads
50 Blogger 'Uji' Tol Cipali
Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat -- ANT/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 50 blogger melakukan tur di tol Cikopo-Palimanan (Cipali), untuk melihat persiapan pelayanan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) menyambut arus mudik Lebaran 2015. Kegiatan kunjungan meliputi pemantauan di Gerbang Tol Cikopo, Jembatan Cipunegara, Gerbang Tol Palimanan, serta peninjauan di dua rest area dan fasilitas pendukungnya.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Velix Wanggai, berharap kegiatan ini dapat menjelaskan kepada masyarakat seberapa jauh pengerjaan pembangunan tol sepanjang 116 kilometr tersebut.

"Pertama, pemerintah, khususnya Menteri PUPR, bersama sejumlah pihak lain menyediakan sarana dan prasarana bagi saudara-saudara kita yang hendak mudik dan balik melintasi Tol Cipali ini. Kedua, ini juga menyangkut bagaimana para pemudik, pengendara, dan pemakai jalan dapat memperoleh informasi dan komunikasi terkait tol Cipali ini. Ketiga, Bapak Menteri menyampaikan salam dan ucapan terima kasih atas dukungan dan peran serta Kompasiana bersama Kompasianer-nya dalam rangka memberikan penyadaran kepada seluruh masyarakat pengguna jalan tol ini," ujar Velix pada Senin (6/7/2015).

Sementara itu, Corporate Affair PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Wisnu Dewanto menjelaskan kesiapan Tol Cipali dalam melayani arus mudik dan balik Lebaran, khususnya ketersediaan kawasan rest area. "Pada H-7 nanti seluruh pom bensin di rest area tipe A sudah dalam kondisi siap beroperasi."

Tol Cipali memiliki total delapan rest area, empat diantaranya dilengkapi pom bensin. Namun, Wisnu mengupayakan adanya SPBU mobile dan penambahan fasilitas toilet mobile di rest area yang tidak dilengkapi pom bensin.

Selain itu, selama masa mudik Lebaran akan ditambahkan pintu tol satelit untuk memperlancar pembagian kartu tol dan pembayaran biaya tol. Sehingga arus mudik maupun arus balik tidak terjadi penumpukan di pintu gerbang pintu tol.

Tur blogger bersama Kemen PUPR diakhiri kunjungan ke kantor Kantor Pusat LMS, Subang. Di sana, peserta bisa menyaksikan ruang operator fasilitas Traffic Management Control(TMC) serta diskusi terkait teknis pengoperasian Tol Cipali.

Fasilitas TMC tersebut guna memantau segala aktifitas di Tol Cipali selama 24 jam, melalui 20 kamera CCTV yang akan dipasang di sepanjang ruas Tol Cipali.


(NIN)