Turunkan Lima Tim Ahli, Ridwan Kamil Jamin GBLA Siap untuk PON 2016

Roni Kurniawan    •    07 Juli 2015 16:34 WIB
liga indonesia
Turunkan Lima Tim Ahli, Ridwan Kamil Jamin GBLA Siap untuk PON 2016
. Stadion GBLA merupakan stadion bertaraf internasional berkapasitas 38 ribu penonton yang disiapkan untuk penyelenggaraan PON XIX 2016 dan sebagai markas utama tim Persib Bandung. (ANTARA FOTO/Fahrul Jaya)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memastikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sudah bisa digunakan untuk acara pembukaan seremonial dan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2016. Hal itu ia sampaikan usai pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerjunkan tim ahli guna melakukan penelitian terkait tanah stadion GBLA yang amblas.

"Hasil dari penelitian di lapangan yang melibatkan lima tim ahli menyebutkan GBLA sangat aman untuk pelaksanaan PON 2016," ujar pria yang akrab disapa Emil kepada awak media di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (7/7/2015).

Menurut Emil, tanah amblas hanya terjadi di beberapa ruas saja. Sementara itu, gedung utama yang menjadi titik pusat kegiatan diyakini tidak mengalami masalah. Menurut Emil, pondasi di gedung utama GBLA memiliki ketahanan yang kuat. Bahkan pondasi diyakini bisa tahan hingga puluhan tahun.

"Permasalahan hanya di pelataran seperti tempat parkir dan halaman lainnya. Pondasi gedung utama mencapai 40 meter. Diperkirakan sampai puluhan tahun tidak akan terjadi masalah," imbuhnya.

Hasil penelitian dari lima tim ahli tersebut diakui Emil akan disampaikan kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan pihak kepolisian sebagai pertimbangan agar PON tetap digelar di Kota Bandung.

"Tim ahli kita yang melakukan penlitihan dari Puslitbang PU dibidang bangunan, Tim dari arsitek, Tim ahli struktur ITB dan Tim ahli struktur Unpad. Artinya semua sudah dikaji. Selanjutnya kita akan sampaikan hasil penelitan tersebut," tegas Emil. 


(HIL)


Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma
AS Roma vs Genoa

Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma

2 days Ago

Eusebio kesal karena para pemain Roma kerap terlena saat sudah berada dalam posisi unggul.…

BERITA LAINNYA
Video /