Tata Ruang Bisa Direvisi untuk Percepat Investasi

Dian Ihsan Siregar    •    07 Juli 2015 16:44 WIB
bkpm
Tata Ruang Bisa Direvisi untuk Percepat Investasi
tata ruang ANT,Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kemenko Perekonomian tengah mendiskusikan untuk merevisi Tata Ruang di dalam Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, khususnya Pasal 26 ayat 5 rencana tata ruang wilayah kabupaten untuk dapat ditinjau kembali satu kali dalam lima tahun.

Kepala BKPM Franky Sibarani menjelaskan, dari beberapa kunjungan kerja BKPM ke Banten, Jawa Tengah, dan provinsi lainnya, ditemukan permasalahan mengenai ketidaksesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi, Kabupaten atau Kota. Di mana Peraturan Daerah (Perda) yang sudah ditetapkan tidak atau belum mengakomodasi kebutuhan lahan atas industri.

“Jadi, ada yang menginterpretasiakan RTRW baru dapat revisi lima tahun setelah Perda ditetapkan, hal inilah yang menyebabkan Gubernur, Bupati atau Walikota tidak ada yang berani mengubah atau merevisi RTRW,” kata Franky di Kantor Pusat BKPM, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Berdasarkan rapat koordinasi dengan Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD), lanjutnya, RTRW dapat dilakukan perubahan satu kali dalam lima tahun, sehingga tidak perlu menunggu lima tahun untuk mengubahnya. Dia mengatakan akan banyak program pemerintah yang tidak dapat dilaksanakan karena terbentur RTRW.

Sepanjang Desember 2014 hingga April 2015, menurut Franky, ada sembilan proyek investasi sebesar Rp10,11 triliun yang belum terealisasi karena hambatan rencana tata ruang.

Oleh karena itu, BKPM mengusulkan agar Menko Perekonomian selaku Kepala Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional mengeluarkan surat petunjuk teknis tentang penataan ruang yang menyatakan rencana tata ruang wilayah dapat ditinjau kembali  satu kali dalam lima tahun. Aturan ini akan menjadi pedoman bagi Gubernur, Bupati, dan Walikota dalam melakukan revisi atau perubahan RTRW di daerahnya.

“Ini yang sekarang kita matangkan bersama kantor Kemenko Perekonomian,” pungkas dia.

 


(SAW)


Prancis Juara Piala Dunia

Prancis Juara Piala Dunia

20 minutes Ago

Moskow: Prancis menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya. Les Blues menghancurkan mimpi Kroasi…

BERITA LAINNYA
Video /