Ratusan Berkas JHT BPJS Ketenagakerjaan Tunggu Revisi PP

Antara    •    07 Juli 2015 17:03 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Ratusan Berkas JHT BPJS Ketenagakerjaan Tunggu Revisi PP
Ilustrasi. FOTO ANTARA/Dewi Fajriani

Metrotvnews.com, Manado: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Manado sudah siap menyalurkan ratusan berkas dana Jaminan Hari Tua (JHT). Kendati demikian, penyaluran tersebut harus tertunda lantaran masih menunggu revisi peraturan pemerintah (PP) tentang JHT.

"Saat ini kita masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait revisi Peraturan Pemerintah Nomor 46/2015 tentang JHT. Selain itu, kami menunggu instruksi kantor BPJS Ketenagakerjaan pusat," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Manado Sulhan Ibrahim, di Manado, Selasa (7/7/2015).

Dia mengungkapkan, secara aset, BPJS Ketenagakerjaan tidak ada kekurangan, bahkan masuk dalam 10 besar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkaya. Namun, jelasnya, karena pengaturan dari pemerintah maka pihaknya tidak bisa mencairkan JHT lantaran jika langkah itu dilakukan bisa menyalahi aturan yang berlaku.

Sulhan menambahkan, pemerintah sebaiknya mencantumkan masa transisi dalam revisi PP itu. Dengan demikian, lanjutnya, ada masa transisi dalam pelaksanaannya. "Mestinya, pemerintah memberikan masa transisi untuk JHT ini agar ada masa transisi pelaksanaannya. Apalagi, manfaatnya (JHT) besar demi kebaikan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Manado Syamsu Rijal mengatakan, saat ini sudah ada pengajuan 100 berkas untuk pencairan JHT. Berkas tersebut, lanjutnya, merupakan klaim peserta yang masa pensiunnya selesai sebelum diberlakukannya PP tersebut, tetapi sudah memenuhi kriteria lima tahun satu bulan.

"Namun, belum kami proses karena masih menunggu keputusan pusat. Hanya saja, pada dasarnya kami siap untuk mencairkan," pungkasnya.


(ABD)