Australia Pertahankan Tingkat Suku Bunga

Antara    •    07 Juli 2015 17:24 WIB
australia
Australia Pertahankan Tingkat Suku Bunga
australia bank (REUTERS,Tim Wimborne)

Metrotvnews.com, Sydney: Bank sentral Australia, Reserve Bank ofAustralia (RBA) mempertahankan suku bunganya pada 2,0 persen  selama dua bulan berturut-turut. Dia mengatakan kebijakan moneter akomodatif dibutuhkan karena pertumbuhan ekonomi sedang lemah.

RBA telah memangkas suku bunga 250 basis poin sejak November 2011 untuk mendukung perekonomian yang bergantung pada sumber daya, karena mengalami penurunan tajam dalam investasi pertambangan yang selama ini menopang perekonomian Australia. 

Gubernur RBA Glenn Stevens mengatakan hal yang tepat untuk mempertahankan suku bunga karena untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. 

"Sikap kebijakan saat ini akan menjadi yang paling efektif mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan inflasi yang konsisten dengan target," katanya dalam pernyataan tertulisnya di Sydney, Selasa (7/7/2015).

Stevens terus mendesak untuk nilai tukar lebih lemah meskipun  dolar Australia baru-baru ini turun terhadap mitra AS, karena investor mengoleksi mata uang "safe haven" seperti dolar AS karena keributan pasar di Yunani.

"Depresiasi lebih lanjut tampaknya baik mungkin dan diperlukan, terutama mengingat penurunan yang signifikan dalam harga komoditas utama," katanya.

Tingkat pengangguran telah naik lebih tinggi dan melayang di sekita tertinggi satu dekade 6,0 persen, pertumbuhan upah telah melambat dan inflasi berada dalam kisaran target bank sentral sebesar 2,0-3,0 persen.






(SAW)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /