Kadar Air Daging Sapi di Pasar Waleri Kendal Masih Tinggi

Iswahyudi    •    07 Juli 2015 17:27 WIB
daging
Kadar Air Daging Sapi di Pasar Waleri Kendal Masih Tinggi
Penjual tak menggantung daging yang mereka jual. Foto: MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Petugas dari Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kendal menemukan banyak daging sapi berkadar air tinggi di Pasar Waleri, Kendal, Jawa Tengah.

Petugas menemukannya saat melakukan inspeksi mendadak pada Selasa pagi tadi. Mereka mencurigai daging sapi yang dijual di Pasar Waleri notabene hanya digeletakkan, tak digantung.

Razia itu menemukan kadar air daging sapi maupun ayam masih di atas ambang batas. Namun, petugas tidak menyita daging terasebut, melainkan hanya memberi teguran dan meminta penjual menandatangani pernyataan untuk tidak akan mengulangi kesalahan.

Ambang batas air pada daging sapi atau ayam adalah 17 persen. Namun, di Pasar Waleri, sejumlah pedagang masih menjual daging dengan ambang batas air mencapai 18,13 persen.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkrbunan  Kabupaten Kendal, Sri Purwati mengatakan tak menemukan daging glonggongan saat melakukan sidak. Namun masih banyak dijual daging yang berkadar air tinggi.

“Daging dengan kadar air tinggi belum bisa dikategorikan sebagai daging glonggongan. Tapi tetap harus diwaspadai," katanya.


(UWA)

Video /