Paus Fransiskus Minta Warga Ekuador Lestarikan Sungai Amazon

Willy Haryono    •    08 Juli 2015 12:06 WIB
paus fransiskus
Paus Fransiskus Minta Warga Ekuador Lestarikan Sungai Amazon
Paus Fransiskus (tengah) melambaikan tangan dalam misa di sebuah universitas di Quito, Ekuador, Selasa (7/7/2015). (Photo: AFP / VINCENZO PINTO)

Metrotvnews.com, Quito: Paus Fransiskus menyinggung masalah lingkungan dalam misa ruang terbuka di hadapan hampir satu juta orang di Quito, Ekuador, Selasa (7/7/2015). 

Menurut dia, Sungai Amazon, sungai Amerika Selatan yang merupakan terpanjang kedua di dunia ini, memiliki peranan penting dalam ekosistem global. 

"Ekuador -- bersama dengan negara lain di tanah Amazon -- memiliki kesempatan untuk menerapkan ajaran ekologi integral," ucap Fransiskus, seperti dilansir AFP

Menyebutkan kembali komitmennya terhadap perubahan iklim, Fransiskus meminta agar warga Amerika Selatan terus melestarikan lingkungan untuk masa depan yang lebih cerah. 

"Satu hal yang pasti. Kita tidak dapat terus menerus memalingkan muka dari kenyataan, terhadap saudara-saudara kita, terhadap Bumi Pertiwi," kata pemimpin Gereja Katolik Vatikan itu. 

Sebelumnya, lebih dari 500 ribu orang berkumpul di misa massal yang dilakukan oleh Paus di Guayaquil. Dalam pidato misanya Paus menekankan pentingan nilai keluarga dan solidaritas terhadap warga miskin.

"Keajaiban selalu terjadi setiap hari di dalam keluarga yang kekurangan kasih sayang. Tetapi kadang cinta kasih dan kesabaran bisa habis," ujar Fransiskus.

Paus juga mengambil sikap liberal mengenai perceraian dan homoseksualitas. Tetapi Paus tetap menentang keras pernikahan sesama jenis, yang dilegalisasi di negara di wilayah Amerika Selatan dan Utara.

Setelah Ekuador, Paus akan mengunjungi Bolivia dan Paraguay. Kunjungan ini tentu akan menjadi kunjungan bersejarah bagi ketiga negara kecil di Amerika Selatan itu.



(WIL)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /