Aksi Penukar Uang di Kota Tua

LB Ciputri Hutabarat    •    08 Juli 2015 12:16 WIB
ramadan 2015
Aksi Penukar Uang di Kota Tua
Penyedia jasa penukaran uang. (Foto:MTVN/LB Ciputri Hutabarat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang Lebaran, jasa penukaran uang mulai menjamur di Ibu Kota. Salah satunya di kawasan Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat. Belasan penjaja penukaran uang berdiri di sepanjang Jalan Lada hingga depan pintu keluar Stasiun Kota.
 
Penukaran uang dilakukan dengan cara menyodorkan uang gepokan pecahan Rp 2 ribu hingga Rp 20 ribu kepada warga yang lalu lalang. Jika beruntung, warga akan menghampiri mereka dan melakukan tawar-menawar.
 
Penyedia jasa penukaran uang itu mulai mangkal sejak pagi sampai sore hari. Target mereka adalah pegawai yang ingin berangkat dan yang pulang kerja.
 
"Memecah Rp50 ribu harganya Rp55 ribu, enggak bisa kurang. Semua sudah segitu," kata salah seorang ibu penjaja uang recehan kepada Metrotvnews.com di Stasiun Kota, Jakarta Barat, Rabu (8/7/2015).
 
Pemandangan serupa juga terjadi tepat di depan bangunan Museum Bank Indonesia. Mereka berdiri di trotoar jalan sambil menyodorkan uang menggunakan tangan ke mobil yang lewat.
 
Dari pantauan Metrotvnews.com, mayoritas penyedia jasa penukaran uang itu adalah ibu-ibu setengah baya. Sejumlah warga menukar uang kepada mereka karena lebih mudah dan tidak perlu antre seperti di bank.
 
"Di bank antrenya panjang, lama banget, saya enggak sempat kalau harus ke bank," kata Rumiati, 47, warga Asemka yang melakukan penukaran uang di jalan.
 


(FZN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

2 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /