Mengoptimalkan Hari-hari Terakhir Ramadan

Meilikhah    •    08 Juli 2015 12:32 WIB
ramadan 2015
Mengoptimalkan Hari-hari Terakhir Ramadan
Ilustrasi berdoa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan magfirah. Datangnya Ramadan adalah sebagai pengingat siapa diri kita sebenarnya. Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk melatih kedisiplinan diri dengan berpuasa dan ibadah tepat waktu.

Mengingat begitu banyak manfaat dan kemuliaan saat Ramadan, Anda mungkin tak mau melewatkan waktu sedikitpun untuk beribadah. Terutama di waktu-waktu terakhir Ramadan sebelum menyambut Idul Fitri.

Agar ibadah kita sebagai Muslim optimal di hari-hari terakhir Ramadan, biarkan puasa kita menjadi puasa bagi tubuh, pikiran dan jiwa. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum dan menjauhkan pikiran dari tindakan tercela yang tak bermanfaat dan memperbanyak mengingat Allah dengan dzikir.

Ramadan tak hanya diwajibkan untuk berpuasa, namun juga waktu dimana umat muslim bisa menumbuhkan segala macam kebaikan dan kebiasaan sehat. Ramadan adalah kesempatan yang sempurna untuk membebaskan diri dari kebiasaan negatif untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Ramadan merupakan bulan empati dan kemurahan hati, bahkan salah satu tujuan utama dari puasa adalah untuk menanamkan pada diri kita empati kepada mereka yang kurang beruntung. Dengan merasakan lapar, kita diberikan pelajaran untuk lebih termotivasi mengasihi fakir miskin dan sesama umat manusia.

Ramadan juga merupakan waktu untuk membiasakan diri dengan Alquran sebagai sumber bimbingan sejati, sebuah penerang, penyembuhan dan media untuk mendapatkan rahmat Allah yang sempurna. (Onislam)


(MEL)