Solusi Mudah Memutihkan Gigi

   •    08 Juli 2015 12:46 WIB
kecantikan
Solusi Mudah Memutihkan Gigi
Foto: whatclinic.com

Metrotvnews.com: Memiliki gigi putih dan senyum yang indah merupakan beberapa karakteristik fisik yang pertama dilihat orang lain dari diri Anda.

Menyikat gigi dan flossing amat berperan besar dalam menjaga gigi Anda tetap prima. Gigi dapat ditumbuhi plak dan menjadi kusam atau bernoda jika Anda tidak benar dalam membersihkannya setiap hari.

Beberapa makanan dan minuman, seperti kopi, teh, soda, permen, dan bahkan merokok bisa membuat gigi Anda menjadi kuning dan mungkin tidak menarik lagi.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter untuk memutihkan gigi Anda:

- Ganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan
Menyikat gigi memainkan peran utama untuk mengubah gigi Anda menjadi lebih putih bak mutiara. Mengenakan sikat gigi dengan bulu usang tidak akan menghilangkan plak dari gigi dan gusi sebagaimana sikat gigi baru. Sikat gigi yang lebih dari tiga bulan menjadi kurang efektif untuk membersihkan gigi Anda. Selain menurunkan efektivitas, jamur dan bakteri bisa hinggap di bulu sikat gigi tersebut yang mana bisa menimbulkan penyakit. Maka dari itu, penting untuk mengganti sikat gigi Anda secara teratur.

- Bilas dengan cuka sari apel
Apabila Anda memiliki noda yang sulit dihilangkan pada gigi, Anda bisa secara teratur membilas mulut Anda dengan menggunakan cuka sari apel. Karena cuka sari apel bisa menghapus plak dan noda pada gigi. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan pada sikat gigi Anda agar mendapatkan efek yang sama.

- Makan buah-buahan dan sayuran mentah setiap hari
Buah-buahan dan sayuran mentah terbukti dapat membantu memutihkan gigi Anda, serta membuat gusi sehat dan meningkatkan aliran darah. Coba makan apel, stroberi, seledri atau wortel  yang secara tak langsung juga 'menggosok gigi' Anda agar bersih dan makanan tersebut juga mampu menghilangkan bau mulut.

- Campurkan baking soda dengan hidrogen peroksida
Baking soda yang dicampur dengan hidrogen peroksida merupakan salah satu senyawa paling populer untuk obat pemutihan gigi di rumah. Yang perlu Anda lakukan hanya mencampurkan dua zat ini bersama-sama sampai membentuk pasta, kemudian segera menerapkannya pada gigi Anda, dan biarkan selama 1-2 menit. Pastikan untuk bilas mulut Anda dengan air sesudahnya, lalu sikat gigi dengan pasta gigi berfluoride.

- Sikat gigi Anda dengan menggunakan stroberi
Menggunakan stroberi untuk memutihkan gigi Anda merupakan salah satu cara yang paling alami. Kumpulkan 4-5 stroberi dan tumbuk sampai membentuk seperti pasta tipis, lalu oleskan ke gigi sampai lima menit. Hal yang sama dapat dilakukan dengan lemon dan jeruk kulit. Selalu pastikan untuk membilas sesudahnya untuk memastikan mereka tidak sampai merusak enamel gigi Anda.

- Gunakan minyak kelapa
Minyak kelapa bisa menghilangkan bakteri dan plak pada gigi. Anda hanya perlu mengambil satu sendok makan minyak kelapa untuk memutihkan gigi. Anda bisa mengoleskannya pada gigi dam diamkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air. Jangan lupa setelah itu Anda juga dianjurkan untuk menyikat gigi Anda. (Sumarni / tipsdrop)


(AWP)


Video /