Mau ke Jakarta? Ini Syarat dari Ahok

Wanda Indana    •    08 Juli 2015 13:43 WIB
mudik lebaran 2015
Mau ke Jakarta? Ini Syarat dari Ahok
Warga mulai mudik tinggalkan Ibu kota. (Foto: Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan melarang warga daerah datang ke Ibu Kota usai Lebaran. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para imigran bila tidak mau diusir dari Ibu Kota.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempersilakan semua orang merantau ke Jakarta. Hanya, setiap perantau harus punya keahlian dan cukup uang.
 
"Kami tidak melarang, mana bisa melarang, mengadang, menjaga kota besar seperti ini agar orang gak masuk," kata Ahok usai apel siaga jelang Lebaran di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2015).
 
Kendati demikian, mantan Bupati Belitung Timur, ini mengajukan beberapa syarat, dirinya tak mau perantau yang masuk ke Jakarta menambah masalah dengan tinggal di permukiman ilegal. Pasalnya, Ahok tengah menggenjot program normalisasi sungai dan penertiban permukiman kumuh di pinggir kali.
 
"Kos-kosan di pinggir kali yang murah-murah itu harus dibongkar. Kalau dia diketahui tinggal di emperan toko, kita bawa dia ke panti, kita balikin ke darah asal dan melakukan perjanjian tertulis. Itu saja syaratnya," jelas Ahok.
 
Mantan Anggota DPR Komisi II ini mengatakan, pihak tetap menggelar operasi yustisi untuk mendata pendatang yang hendak menetap di Jakarta. Pemprov DKI akan memberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang disesuaikan dengan tempat tinggal.
 
"Semua yang tinggal di rumah susun (Rusun), harus punya KTP beralamat Rusun. Semua penduduk alamatnya harus sesuai dengan tempat tinggal. Kalau kamu tinggal di rumah enggak apa-apa ada yang nanggung. Sama kayak pembantu rumah tangga (PRT), dikasih izin (tinggal) karena ada yang menanggungnya," ujarnya.


(FZN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

2 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /