Polisi Bantah Menggerebek Kelompok Makar di Tangerang

Arga sumantri    •    08 Juli 2015 13:58 WIB
terorisme
Polisi Bantah Menggerebek Kelompok Makar di Tangerang
Ilustrasi--(ist)

Metrotvnews.com, Tangerang: Polisi bantah menggerebek markas kelompok Negara Rakyat atau Sunda Nusantara di Pabuaran Jayati, Tangerang, Banten, Selasa dini hari kemarin.

Kasat Reskrim Polres Kabupaten Tangerang, Kompol Arman menyatakan, tak ada penggerebekan Selasa kemarin. Termasuk soal penggerebekan markas kelompok Negara Rakyat atau Sunda Nusantara di Pabuaran, Jayanti, Tangerang.

"Tidak ada penggerebekan, lagipula itu kasus lama, beberapa tahun lalu. Zamannya Pak Kasat Adex Yudiswan, sekitar 2005 atau 2006," kata Armand kepada Metrotvnews.com di Mapolres Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Tangerang, Rabu (8/7/2015).

Informasi yang dihimpun, penggerebekan terhadap kelompok tersebut dilakukan kepolisian Resor Kabupaten Tangerang pada 2006. Saat itu, selain menciduk sejumlah petinggi kelompok, kepolisian juga mengamankan sejumlah dokumen gerakan, serta atribut kelompok makar tersebut.

Sejumlah petinggi kelompok tersebut mengaku bahwa negaranya menganut idiologi paham munarki. Di mana menganggap kejayaan bangsa bakal tercapai dengan dikembalikannya sistem Kerajaan Sunda tempo dulu.

Mereka beralasan membentuk negara kala itu karena kecewa dengan Indonesia yang dianggap tidak bisa membawa perubahan kehidupan bagi masyarakatnya. Kini, gerakan tersebut diakui polisi belum dilaporkan aktif kembali.


(YDH)