Jika Yunani Keluar dari Eropa, Dana USD1,4 Triliun Bakal Melayang

Arif Wicaksono    •    08 Juli 2015 14:03 WIB
ekonomi yunani
Jika Yunani Keluar dari Eropa, Dana USD1,4 Triliun Bakal Melayang
Yunani Bail Out (REUTERS,Yorgos Karahalis)

Metrotvnews.com, London:  Perusahaan Konsultan Baker & McKenzie mengatakan risiko gagal bayar dan keluarnya yunani dari euro akan berpotensi menghilangkan dana sebesar USD1,4 triliun dalam merger dan akuisisi. 

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (8/7/2015), dia memprediksi dengan keluarnya Yunani akan memengaruhi transaksi merger senilai USD250 miliar pada tahun depan di kawasan Eropa,  dan terletak di luar Inggris. 

Ketidakpastian yang diakibatkan dengan keluarnya Yunani akan membuat nilai ekuitas Eropa semakin menurun dan menaikkan obligasi Yunani untuk beberapa negara seperti Italia dan Spanyol serta menurunkan kepercayaan bisnis dan investasi. 

Transaksi di AS dan Tiongkok akan terpengaruh dengan potensi kehilangan sebesar USD700 miliar sampai dengan 2020. Namun kebijakan mata uang tunggal euro tidak berpengaruh banyak dalam periode yang sama karena hanya mengalami penurunan sebanyak dua persen.  

Kepala keuangan di zona euro akan mendiskusikan proposal perkembangan ekonomi Yunani pada Rabu 8 Juli dengan agenda utama memulai negosiasi yang gagal pada bulan lalu. Yunani berjanji untuk mulai merencanakan langkah lanjutan kepada PM Jerman Angela Merkel hanya beberapa hari sesudah pertemuan.

Di saat kehilangan besar dalam ekuistias sebagai racun yang menyebar para pelaku pasar kelihatan mulai optimistis. Aktivitas merger dan akusisi pada tahun ini mencapai USD3 triliun untuk pertama kalinya semenjak 2007, berdasarkan data yang dirangkum Bloomberg. 

Di tengah ketidakpastian, perusahaan Yunani sedang melakukan transaksi pembelian saham. Perusahaan asal Inggris, BC Partners, setuju untuk membeli saham mayoritas perusahan farmasi Athens, sebuah perusahaan pembuat obat dengan 1.000 pekerja sementara itu perusahaan media Antenna group berencana untuk membeli Turki Karnaval Media Group. 



(SAW)


Video /