PM Yunani Pede Mampu Penuhi Tenggat Waktu Zona Eropa

Willy Haryono    •    08 Juli 2015 16:36 WIB
ekonomi yunani
PM Yunani <i>Pede</i> Mampu Penuhi Tenggat Waktu Zona Eropa
PM Yunani Alexis Tsipras menemui media usai bertemu petinggi zona Eropa di Brussels, Belgia, Selasa (7/7/2015). (Photo: AFP / THIERRY CHARLIER)

Metrotvnews.com, Strasbourg: Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengaku percaya diri memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan para petinggi zona Eropa untuk menyepakati perjanjian dana talangan atau bailot pada akhir pekan ini.

Jika perjanjian tidak tercapai, Yunani terancam terlempar dari zona Eropa. 

"Saya yakin dalam dua atau tiga hari ke depan kami dapat memenuhi obligasi, demi kebaikan Yunani dan juga zona Eropa," tutur Tsipras dalam pidatonya di Parlemen Eropa di Strasbourg, Prancis, seperti dikutip AFP, Rabu (8/7/2015). 

Direspon dengan cemoohan dan pujian oleh para pejabat Eropa, Tsipras menambahkan: "Proposal kami untuk mendanai obligasi serta restrukturisasi utang tidak akan membebani para pembayar pajak Eropa."

Para pemimpin zona Eropa menggelar pertemuan darurat pada Selasa malam dan sepakat memberikan kesempatan kepada Yunani hingga Kamis besok untuk membuat rencana baru reformasi negara. 

Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengingatkan Parlemen Eropa, sebelum pidato Tsipras, bahwa kegagalan mencapai kesepakatan dapat berujung pada "bangkrutnya Yunani" dan menyebabkan masalah geopolitik di Eropa. 


(WIL)


Video /