Komisi II Curiga Ada 'Proyek' di Balik Pemindahan Mitra Kemendes

Surya Perkasa    •    08 Juli 2015 20:24 WIB
dpr
Komisi II Curiga Ada 'Proyek' di Balik Pemindahan Mitra Kemendes
Wakil ketua Fraksi Partai NasDem Johnny G Plate (dari kiri-kanan) bersama Peneliti Bidang Ekonomi dan Otonomi Daerah LIPI Syarif Hidayat, Guru Besar UI bidang Otonomi Irfan Ridwan Maksum serta sekretaris Fraksi Partai NasDem Syarief Abdullah. Foto:Antara/

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi II DPR mengkritik pemindahan mitra kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ke Komisi V. Muncul kecurigaan, pemindahan ini demi 'proyek' yang sedang dikerjakan oleh Kemendes-PDT.

"Saya merasa, (pemindahan) hanya dilihat dari sisi pragmatis saja. Mungkin dipikir adalah bangun desa atau jembatan yang itu bagian dari komisi V. Kementerian Desa bukan hanya itu," kata anggota Komisi II DPR Syarif Abdullah Alkadri, Rabu (8/7/2015).

Sangat aneh jika pemindahan dilakukan karena alasan ada pembangunan infrastruktur yang cukup besar dalam Kemenades-PDT. Padahal, kata Syarif, pembangunan fisik di Kemendes-PDT hanya 30 persen.

"Sedangkan 70 persen adalah pembinaan yang dilakukan pemerintahan desa. Ini yang harus dimengerti oleh pimpinan DPR dan pimpinan komisi V," tegas dia.

Bahkan sempat beredar isu, anggaran Kemendes-PDT akan 'dimainkan'. Syarif menyayangkan jika hal itu benar-benar dilakukan.

"Kalau ada isu itu, sampai ada hal-hal yang pragmatis. Saya pikir itu sangat naif betul. Mudah-mudahan tidak dan kalau hanya pertimbangan itu, sangat kacau," kata dia.

"Mungkin Komisi V lihat itu ada program fisik saja, padahal Kementerian Desa itu menyeluruh," pungkas sekretaris Fraksi NasDem ini.

Diketahui, tiga kementerian di DPR mengalami pergantian mitra kerja menjelang akhir Masa Sidang ke-IV DPR. Hal ini diketahui lewat surat yang diterima oleh fraksi di DPR.

Perubahan terjadi untuk Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Kementerian ini berpindah mitra ke Komisi V dari sebelumnya Komisi II. Kedua, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi beralih mitra ke Komisi X, yang sebelumnya bermitra dengan Komisi VII.

Ketiga, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dipimpin oleh Menteri Siti Nurbaya juga beralih mitra kerja dengan Komisi IV. Di dalam surat, disebutkan bahwa mitra kerja diganti berdasarkan surat yang diterima dari fraksi. Surat dari fraksi tersebut kemudian diproses dalam rapat pimpinan.


(DRI)


Rapor Pemain hingga Komparasi Statistik Bayern - Madrid
Bayern Muenchen vs Real Madrid

Rapor Pemain hingga Komparasi Statistik Bayern - Madrid

7 hours Ago

Bayern Muenchen menelan pil pahit usai dikalahkan Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga C…

BERITA LAINNYA
Video /