Antisipasi Lonjakan Penumpang, Syahbandar Gresik Siapkan 2 Kapal Besar

Amaluddin    •    09 Juli 2015 18:49 WIB
mudik lebaran 2015ramadan 2015
Antisipasi Lonjakan Penumpang, Syahbandar Gresik Siapkan 2 Kapal Besar
Dermaga Pulau Bawean. (ANT/M Irfan)

Metrotvnews.com, Gresik: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik bersama Dinas Perhubungan bakal menurunkan dua kapal besar, yakni KM Kirana III dan KM Dharma Very 8 dari PT ASDP dan Darma Lautan Utama (DLU), untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik 2015. Menurut dia, dua kapal itu pernah diturunkan untuk mengatasi tingginya gelombang laut pada arus mudik 2014 silam.

"Kalau tahun lalu dua kapal itu pernah diturunkan. Jika memang nantinya dua kapal itu tidak memungkinkan, maka kami bersama Pemda akan berkoordinasi dengan TNI AL atau PT. DLU untuk menurunkan kapal bantuan," kata Kepala KSOP Gresik, Captain Dahlan, di Gresik, Kamis (9/7/2015).

Dahlan menegaskan, jika dua kapal berukuran besar yang biasa beroperasi rute Surabaya-Kalimantan itu tak mampu karena buruknya cuaca dan gelombang. Pihaknya tak segan meminta bantuan TNI AL untuk menurunkan kapal perang. 

"Dua kapal yang kami siapkan itu, kalau untuk ombak 2 meter sampai 3 meter masih bisa diatasi. Tetapi, kalau memang kondisi cuacanya buruk, kapal perang milik TNI AL itu akan coba kami koordinasikan," katanya.

Dia menjelaskan, untuk dua kapal berukuran besar tujuan Kalimantan nantinya bisa bersandar ke Pelabuhan Gresik untuk mengangkut penumpang tujuan Pulau Bawean. 

Setelah itu, melanjutkan perjalanan ke Kalimantan. "Kapal besar itu tak banyak bawa penumpang, nantinya berangkat dari Surabaya ke Gresik angkut penumpang di Gresik yang kemudian dilanjutkan ke Bawean, lalu terakhir ke Kalimantan," paparnya.

Untuk diketahui, selama ini penyeberangan ke Pulau Bawean dilayani tiga kapal yaitu Kapal Express Bahari 8E, KM Natuna Express dan KMP Gili Lyang. Keberadaan kapal berukuran kecil itu dirasa tidak cukup untuk mengangkut para pemudik ke Pulau Bawean. Juga belum mampu mengatasi gelombang laut di atas dua sampai tiga meter.

Berikut Tiga Armada tersebut; 

1. kapal Express Bahari 8E, kapasitas 390 penumpang. Tarifnya, exekutive Rp140.000 dan VIP Rp160.000, dengan Jarak tempuh Gresik-Bawean atau Bawean Gresik antara 3-4 jam. 

2. KM Natuna Express, kapasitas 253 penumpang, dengan jarak tempuh 3-5 jam. Tarif untuk Exekutive Rp146.000, dan VIP Rp166.000.

3. KMP Gili Lyang (Subsidi), kapasitas 329 penumpang. Tarif Dewasa Rp74.000 dan Anak-anak Rp57.000, dengan jarak tempuh sekitar 9 jam perjalanan.


(LDS)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /