DPR Minta Pengawasan Politik Dinasti Harus Dijalankan

Surya Perkasa    •    09 Juli 2015 20:40 WIB
dpr
DPR Minta Pengawasan Politik Dinasti Harus Dijalankan
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (MTVN-Hardiat Dani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi sudah 'menghalalkan' politik dinasti dalam Pemilihan Kepala Daerah. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan apa yang sudah diputuskan oleh MK harus dijalankan.

"MK ini lembaga negara yang berhak kekuatan hukum yang mengeluarkan peraturan ini. Jadi apa yang sudah digariskan harus dijalani," kata Agus di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Walau demikian, dia menilai pengawasan tetap harus dilakukan agar politik dinasti tidak terbangun. Lembaga-lembaga pengawas pemerintahan yang ada harus bekerja maksimal untuk menghilangkan permainan antara petahana dengan calon yang maju.

"Evaluasi hal-hal dicurigai dalam hal ini apakah korupsi nepotisme dan sebagainya itu, sudah ada juga lembaga yang awasi. KPK, BPK, kepolisian. Ini lebih diaktifkan kembali mengawasi tadi," tegas dia.

DPR sendiri akan berusaha melakukan koordinasi dengan lembaga terkait. DPR juga akan mengkaji soal putusan yang dikeluarkan.

"Apabila memang bisa memberikan masukan (ke MK), kalau peraturan ini dampaknya membawa mudarat (efek negatif) ini bisa berikan evaluasi bagaimana aturan," kata politikus Demokrat ini.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) membolehkan siapa saja yang memiliki hubungan darah atau perkawinan dengan kepala daerah untuk mencalonkan diri dalam Pilkada.

Dalam putusannya terkait pengujian Pasal 7 huruf r Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota terkait syarat yang melarang bakal calon kepala daerah memiliki hubungan darah/perkawinan dengan petahana, majelis hakim konstitusi menilai pasal itu bertentangan dengan Pasal 28 i ayat 2 UUD 1945.


(MEL)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

15 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /