Surabaya Jadi Role Model Kota Gas di Indonesia

Annisa ayu artanti    •    10 Juli 2015 10:06 WIB
gas
Surabaya Jadi <i>Role Model</i> Kota Gas di Indonesia
Ilustrasi sumur migas -- FOTO: Media Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pemerintah Kota Surabaya, dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) mengadakan pertemuan segitiga untuk membahas tentang upaya menjadikan Surabaya sebagai role model kota gas di Indonesia kemarin.

Melalui pertemuan ini, Menteri ESDM Sudirman Said meinta kerjasama masyarakat Surabaya untuk mendukung dan mensosialisasikan program ini.

"Untuk itu kami meminta kerja sama yang baik dari Pemerintah kota Surabaya untuk terus memberikan dukungan dalam mensosialisasikan program ini kepada masyarakat serta membantu proses perizinan yang belum terealisasi pada program pembangunan infrastruktur gas kota Surabaya," kata Menteri ESDM Sudirman Said, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Ia menjelaskan terkait perluasan penggunaan gas bumi bagi rumah tangga dan transportasi yang dibutuhkan di Kota Surabaya. Berdasarkan data Kependudukan 2012, Surabaya dihuni 543.972 keluarga (rumah tangga). Adapun jumlah mobil yang ada sebanyak 297.266 unit. Ini mengalami kenaikan terus-menerus.

"Berdasarkan data 2013 dengan pertumbuhannya 10,3 persen per tahun," jelas dia.

Lebih lanjut, Ia mengatakan dibutuhkan penyaluran gas bumi yang cukup baik untuk rumah tangga juga untuk transportasi agar kebutuhan akan gas di sana terpenuhi.

Penyaluran gas bumi untuk rumah tangga di Surabaya, sejauh ini dilayani oleh PGN. Hingga saat ini PGN memiliki sekitar 13.000 pelanggan rumah tangga di Kota Pahlawan itu. Adapun SPBG di Surabaya saat ini ada enam buah, salah satunya SPBG Ngagel yang dioperasikan PGN.

Direktur Komersial PGN Jobi Triananda Hasjim menyatakan bahwa PGN berkomitmen besar untuk memperluas pemanfaatan gas bumi untuk keperluan domestik termasuk memberikan solusi terbaik untuk pelanggan rumah tangga.

"Komitmen itu sudah ditunjukkan dengan pembangunan jaringan gas bumi PGN untuk rumah tangga di Surabaya dan berbagai kota lainnya di Indonesia selama ini," ungkap Jobi.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /