Tips Safety Driving

Perhatikan Gaya G Kendaraan Saat Mengemudi

Ekawan Raharja    •    11 Juli 2015 12:17 WIB
tips mobil
Perhatikan Gaya G Kendaraan Saat Mengemudi
Jumlah penumpang dalam mobil berpengaruh kepada G mobil. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat Indonesia biasanya melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Banyak hal yang harus diperhatikan agar mudik aman dan nyaman, salah satunya adalah kondisi mobil saat mengemudi.

Didi Hardianto, Instruktur safety Driving, menjelaskan salah satu yang harus diperhatikan adalah G kendaraan atau daya tekan. G kendaraan bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti jumlah penumpang di dalam kendaraan.

"Ada perbedaan ketika membawa penumpang banyak atau sedikit. Harus diperhatikan gaya G kendaraan saat bermanuver," jelas Didi saat berbicara di program Prime Time Metro TV.

Ketika kendaraan bermanuver, roll body akan terpengaruh oleh gaya G atau gravitasi yang terbentuk oleh gerak horizontal sebuah benda. Pengemudi harus mengetahui apakah kondisi kemudinya over steer, under steer, atau goyang. Tentu ini akan berpengaruh pada kendali kendaraan.

Tentu saja hal ini harus diperhatikan oleh para pemudik, terlebih mengemudi bersama keluarga. Selamat mudik dan semoga sampai tujuan. Lantaran jika tidak mempertimbangkan gaya G kendaraa, mobil bisa terbalik jika salah perkiraan.


(UDA)