Ini yang Dikatakan Rambut di Tubuh Tentang Kesehatan Anda

   •    10 Juli 2015 13:42 WIB
kesehatan
Ini yang Dikatakan Rambut di Tubuh Tentang Kesehatan Anda
Rambut di tubuh bisa memberi arti tentang kesehatan. (foto:dailymail.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada saatnya rambut di tubuh akan berubah entah itu akan bertambah atau semakin berkurang. Rambut di tubuh tidak serta merta yang hanya ada di kepala, melainkan juga termasuk rambut untuk seluruh tubuh Anda. Perlu Anda ketahui, rambut selalu berusaha untuk mengatakan sesuatu kepada Anda. Apa maksudnya? Simak apa yang rambut ingin ungkapkan kepada Anda.

- Warisan genetik Anda

Jumlah rambut dalam tubuh Anda dapat bergantung pada etnisitas Anda. Rambut-rambut halus yang menutupi tubuh disebut vellus (dari kata Latin untuk "bulu"). Panjang, kasar, rambut berpigmen yang lebih besar dengan diameter disebut rambut terminal dan ditemukan di alis dan bulu mata, pada kulit kepala dan dagu, di bawah lengan Anda, dan di daerah kemaluan Anda.

"Setiap etnis berbeda dalam memiliki jumlah dari rambut terminal," kata Margaret E. Wierman, MD, profesor kedokteran di University of Colorado Medical Center.

Yang paling sedikit memiliki rambut terminal itu orang Asia, sedangkan yang paling lebat, etnis dari Timur Tengah. Untuk Eropa, Amerika dan sebagainya berada di tengah-tengah. Jadi, pada dasarnya, dari mana Anda berasal, begitulah rambut yang akan tumbuh. Jangan khawatir apabila Anda memiliki rambut terlalu tipis ataupun terlalu lebat, Anda mesti melihat darimana Anda berasal.

- Anda bisa memiliki masalah autoimun

Ini jarang terjadi, tetapi sistem kekebalan tubuh dapat mengaktifkan folikel rambut Anda. Hasilnya Anda bisa kehilangan sebagian rambut Anda (alopecia areata), dan bahkan Anda bisa kehilangan semua rambut di kepala Anda (alopecia totalis) atau mungkin Anda bisa kehilangan semua rambut di tubuh Anda termasuk alis Anda yang biasa disebut universalis alopecia. Apabila Anda berada dalam kondisi ini, biasanya bisa diobati dengan steroid sistemik, dan rambut Anda bisa tumbuh kembali meskipun obatnya tidak selalu bertahan lama.

- Hormon Anda tidak seimbang

Sebuah peningkatan dan pengurangan yang mendadak jumlah rambut pada wanita biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon pria, yang secara alami hadir dalam laki-laki dan perempuan dalam jumlah yang berbeda.

JIka Anda mendapatkan peningkatan testoteron, misalnya rambut berlebih, menurut Wierman itu menjadi pola 'laki-laki', "Biasanya yang tumbuh rambut pada atas pusar, di dada bagian atas pada wanita," ungkapnya.

Begitupun dengan kadar estrogen yang menurun selama menopause dan meningkatkan kadar testoteron meningkat. Banyak wanita menemukan bahwa rambut di kepala mereka menipis sementara rambut wajah mereka menjadi kasar atau bahkan Anda bisa menemukan rambut didagu Anda. 

"Itu memang mengerikan, tapi normal," tutur Wierman.

- Anda perlu memeriksa ovarium

"Jika hirsutisme disertai dengan menstruasi yang tidak teratur, kemungkinan besar masalah sistemik," kata Wierman. Penyebab paling umum adalah sindrom ovarium polikistik, yang ditandai dengan pembesaran ovarium yang berisi mengeluarkan cairan, yang disebut folikel. Kedua penyebab paling mungkin adalah obesitas, yang juga dapat menemani sindrom ovarium polikistik.

- Anda mungkin memiliki tumor

Jika hirsutisme datang sangat tiba-tiba, Anda mungkin memiliki tumor yang melepaskan hormon laki-laki dan mengubah profil hormon dalam tubuh Anda dengan tumbuh rambut yang begitu cepat.

"Dalam kasus ini, kita mencari tumor pada kelenjar adrenal atau ovarium-keduanya kemungkinan," katanya Wierman. Dan juga menurutnya, jika kasusnya seperti ini perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

- Anda mungkin kekurangan zat besi atau memiliki tiroid 

Setiap orang memiliki siklus rambut. Tapi, rambut rontok pada kepala Anda menunjukkan bahwa Anda kekurangan zat besi atau tiroid kurang aktif. Seorang vegetarian dan wanita dengan masa periodenya yang berat cenderung sering mengalami masalah rambut semacam ini. Apalagi untuk tiroid gejalanya bisa dilihat dengan Anda kehilangan secara perlahan alis Anda. Maka dari itu, Anda diimbau untuk melakukan pemeriksaan darah. 

- Kebiasan yang buruk

Beberapa obat meninggalkan jejak terdeteksi di rambut Anda selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad. Jumlah jejak morfin ditemukan di kunci dari rambut yang telah dipotong pada penyiar asal Inggris setelah kematiannya. Morfin memang menghilangkan rasa sakit tetapi juga bisa menyebabkan seseorang terkena TBC. (Sumarni/Prevention)


(LOV)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /