Tips Safety Driving

Jangan Lupa Beristirahat Saat Perjalanan Jauh

Ekawan Raharja    •    13 Juli 2015 11:52 WIB
safety driving
Jangan Lupa Beristirahat Saat Perjalanan Jauh
Jangan memaksakan berkendara jika sudah lelah dan berhenti beristirahat setelah 2-3 jam berkendara. World of Relief

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengemudi saat mudik memerlukan kondisi yang prima. Istirahat merupakan kunci agar kondisi selalu prima saat berkendara. Didi Hardianto, Instruktur safety Driving, menjelaskan bahwa manusia memiliki daya tahan saat mengemudi. Daya tahan tersebut tergantung pada setiap masing-masing individu. 

"Daya tahan pengemudi itu biasanya 2-3 jam, tergantung pengemudinya. Jadi beristirahat jangan lupa saat perjalanan jauh," jelas Didi pada prigram Primetime News Metro TV.

Didi menganjurkan jika sudah 2-3 jam berkendara, silahkan beristirahat sejenak. Lakukan gerekan perenggangan dan tarik nafas yang dalam agar kembali segar.

Rifat Sungkar, Direktur Utama Rifat Drive Labs, juga menjelaskan dampak dari kelelahan saat mengemudi. Efeknya adalah  menurunnya kemampuan dan respon saat mengemudi. "Kalau pengendara lelah kemampuan berkendaranya juga turun. Konsentrasi dan respon berkendaranya juga ikut turun," terang Rifat di tempat terpisah.

Jadi pastikan istirahat yang cukup dan jangan memaksakan mengemudi jika lelah. Semoga mudik anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan.


(UDA)