Solusi Mengatasi Kaki Lecet Karena Sepatu

   •    10 Juli 2015 14:57 WIB
gaya
Solusi Mengatasi Kaki Lecet Karena Sepatu
Lecet karena menggunakan sepatu baru sering dialami wanita. (Foto:komando.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kaki lecet bukan hanya disebabkan karena sepatu hak tinggi. Sepatu jenis flat dan sneakers juga bisa berpotensi mengakibatkan kaki Anda lecet jika Anda memakainya tidak benar. Nah, berikut langkah-langkah pencegahan agar saat memakai sepatu apapun kaki Anda tetap nyaman.

- Cari ukuran yang pas

Lecet pada kaki salah satunya disebabkan oleh gesekan saat memakai sepatu yang ukurannya terlalu kecil ataupun terlalu besar. Pastikan Anda memakai sepatu yang pas untuk kedua kaki Anda karena terkadang ada kaki yang sebelahnya jauh lebih besar. Apalagi bila Anda sudah merasa sepatu yang Anda pakai sudah tidak nyaman, segeralah mengganti sepatu Anda dengan yang baru. Karena ini juga demi kenyamanan kaki.

- Kenakan kaos kaki yang tepat

Bahkan dengan ukuran sepatu yang tepat kaki Anda masih berkeringat. Anda dianjurkan untuk memakai kaos kaki saat memakai sepatu, dan kaos kakinya pun jangan asal pakai. Kaos kaki sering bergesekkan di dalam sepatu Anda yang bisa menyebabkan rasa sakit. Jadi, apa kaos kaki yang tepat? Anda bisa memakai yang terbuat dari campuran sintesis yang bisa menghilangkan kelembaban. Bahkan di jaman sekarang sudah ada kaos kaki yang dirancang mencegah lecet, Anda bisa memakai itu.

- Menerapkan lotion atau pelumas

Anda perlu membubuhkan sedikit pelumas atau lotion pada daerah yang rawan lecet sebelum melakukan aktivitas. Pilihlah pelumas yang cenderung tidak mudah cair.

- Memotong kuku

Ini pentingnya memotong kuku kaki Anda. Karena kuku yang tidak dipotong bisa bergesekkan dengan ujung sepatu yang bisa membuat Anda menjadi tidak nyaman. Lagipula, dengan memotong kuku Anda sudah menjaga kuku Anda dari bakteri dan kuman-kuman yang bisa disalurkan lewat sepatu.

- Bergerak cepat

Saat Anda merasa kaki Anda sudah akan lecet, segeralah bertindak. Lepaskan sepatu Anda dan terapkan sampul kain atau plester di daerah yang terkena lecet. Ini membantu luka lecet Anda tidak menyebar dan membuat kaki Anda semakin sakit. (Sumarni/Prevention)


(LOV)