Menaker Bakal Tindak Tegas ke Perusahaan yang Tidak Bayar THR

Suci Sedya Utami    •    10 Juli 2015 18:24 WIB
tunjangan hari raya
Menaker Bakal Tindak Tegas ke Perusahaan yang Tidak Bayar THR
Menaker Hanif Dhakiri. (Foto:Antara/Jafkhairi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja (Menaker) M Hanif Dhakiri akan memberikan sanksi pada perusahaan yang tidak kunjung memberikan tunjangan hari raya (THR) pada para karyawannya.

Menurut dia, tidak diatur adanya sanksi tegas apabila perusahaan tidak memberikan THR pada pegawainya  dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan di Indonesia.

"Undang-Undang kita tidak mengatur sanksi tegas soal itu. Tapi kami akan berikan sanksi, kalau mau urus apa-apa ke Kemenaker akan kami berikan penundaan pelayanan kepada perusahaan-perusahaan tersebut," jelas Hanif di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (10/7/2015).

Ketentuan mengenai pemberian THR sebenarnya sudah diatur sejak lama dan wajib diberikan oleh setiap perusahaan swasta di Indonesia.

Ketentuan tersebut, lanjut Hanif, diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Tahun 1994. Dalam aturan itu, bila ada perusahaan yang melanggar tidak membayar THR, maka harus merujuk ke UU Ketenagakerjaan tahun 1969.

"Sementara UU 1969 sudah dicabut, dan diganti UU Nomor 13 Tahun 2003. Kalau tidak ada aturannya bagaimana sanksinya," pungkasnya.

 


(SAW)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /