Tanggapi Putusan PT TUN, Kubu Ical bakal Ajukan Kasasi

Aedy azeza ulfi    •    10 Juli 2015 22:01 WIB
golkar
Tanggapi Putusan PT TUN, Kubu Ical bakal Ajukan Kasasi
Kuasa hukum Partai Golkar versi Munas Bali Yusril Ihza Mahendra (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menanggapi Putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) yang menganulir vonis tingkat pertama. Kubu Aburizal Bakrie (Ical) akan mengajukam Kasasi ke MA.

"Atas putusan N.O tersebut, penggugat DPP golkar pimpinan ARB dan Idrus Marham segera menyatakan kasasi ke MA" sebut Yusril, melalui rilis yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (10/7/2015).

Sebab kata Yusril, PT TUN tidak memenangkan siapapun dalam putusannya.

"PT TUN tidak memenangkan siapapun," sebut Yusril.

Sebelumnya, PT TUN menganulir vonis tingkat pertama terkait sengketa kepengurusan Partai Golkar pada Jumat (10/7). Artinya, Golkar kubu Agung Laksono sebagai pengurus yang sah.

"PT TUN memenangkan kami, semoga kami dapat menjalaninya dengan rasa syukur untuk membawa partai melaksanakan demokrasi yang benar," kata politikus Golkar kubu Agung, Agun Gunandjar, kepada Metrotvnews.com.

Berikut petikan putusan tersebut:

ME N G A D I L I
I. DALAM PENUNDAAN:
• Menyatakan Penetapan Nomor 62/G/2015/PTUN.JKT tanggal 1 April 2015 tetap sah dan berlaku sampai dengan putusan perkara ini berkekuatan hukum tetap atau sampai ada penetapan lain yang mencabutnya.

DALAM EKSEPSI:
• Menyatakan eksepsi Tergugat dan Tergugat II-Intervensi tidak diterima untuk seluruhnya.

DALAM POKOK SENGKETA:
1. Mengabulkan gugatan Penggugat untuk sebagian;
2. Menyatakan batal Surat Keputusan Menteri Hukum
dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH-01.AH.11.01 Tahun 2015 tertanggal 23 Maret 2015 tentang
Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta Komposisi dan Personalia Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya;
3. Mewajibkan kepada Tergugat untuk mencabut Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
Nomor M.HH-01.AH.11.01 Tahun 2015 tertanggal 23 Maret 2015 tentang Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta Komposisi dan Personalia Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya;
4. Menolak gugatan Penggugat untuk selebihnya;
5. Menghukum Tergugat dan Tergugat II Intervensi untuk membayar biaya perkara secara tanggung
renteng sebesar Rp. 348.000,- (tiga ratus empat puluh delapan ribu rupiah);

Demikian diputuskan dalam rapat permusyawaratan Majelis Hakim
Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta pada hari Selasa, tanggal 12 Mei 2015 oleh kami, TEGUH SATYA BHAKTI, S.H., M.H., sebagai Hakim Ketua Majelis, SUBUR M.S. S.H, M.H, dan TRI CAHYA INDRA PERMANA, S.H., M.H. masingmasing sebagai Hakim Anggota. Putusan tersebut diucapkan dalam sidang yang terbuka untuk umum pada hari Senin tanggal 18 Mei 2015 oleh Majelis Hakim tersebut dengan dibantu oleh SRI SUHARTININGSIH, S.H. M.H. sebagai Panitera Pengganti Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta dengan dihadiri oleh Kuasa Penggugat, Kuasa Tergugat dan Kuasa Tergugat II Intervensi;
HAKIM ANGGOTA, HAKIM KETUA, XXH XXH SUBUR MS, S.H.,M.H TEGUH SATYA BHAKTI, S.H., M 


(ALB)