Ambulan Akan Terus Berpatroli di Tol Cipali

Roni Kurniawan    •    11 Juli 2015 12:21 WIB
ramadan 2015
Ambulan Akan Terus Berpatroli di Tol Cipali
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat, Kamis (25/6). Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Bandung: Dinas Kesehatan Jawa Barat menyiapkan 203 pos pelayanan kesehatan terpadu guna menunjang pelayanan bagi masyarakat yang hendak melakukan mudik Lebaran 2015. Ratusan pos tersebut tersebar di berbagai jalur arus mudik, baik di jalur Pantura, jalur Selatan, dan jalur Tengah.

Menurut Kadinkes Jabar, Alma Lucyati, selain menyiagakan pos tersebut pihaknya pun menyiapkan puskesmas di 312 sebagai pendukung bagi pos pelayanan kesehatan terpadu yang tersebar di 24 kabupaten dan kota di Jabar.

"Ada 203 pos pelayanan kesehatan terpadu dan dibantu 312 puskesmas yang tersebar di 27 kabupaten/kota. Semuanya disiagakan dalam waktu 24 jam mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran," ujar Alma, ditemui di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung, Sabtu (11/7/2015).

Dinkes Jabar juga mengerahkan ratusan unit mobil ambulan selama arus mudik, termasuk turut serta melakukan patroli di tol Ciapali bersama Polda Jabar untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Satu unit mobil ambulan tersebut, lanjut Alma, berisikan tiga orang. Dua perawat dan seorang tenaga medis.

"Pada arus mudik tahun ini kami juga menyiapkan 738 dokter, 542 ambulan, 3.677 perawat, dan 2.400 supir. Untuk di tol Cipali, kita juga akan menyediakan dua ambulan yang akan berpatroli bersama kendaraan dari Polda Jabar," katanya.

Pelayanan kesehatan juga bisa ditemui di setiap area peristirahatan di tol. Dinkes Jabar pun memerintahkan beberapa Dinkes kabupaten/kota yang mencangkup area tol Cipali untuk menyiagakan mobil ambulan guna melancarkan proses evakuasi jika terjadi kecelakaan.


(UWA)