Ini Kesepakatan Kedua Islah Terbatas Partai Golkar

Achmad Zulfikar Fazli    •    11 Juli 2015 15:35 WIB
golkar
Ini Kesepakatan Kedua Islah Terbatas Partai Golkar
Jusuf Kalla menyaksikan penandatanganan kesepakatan islah terbatas Agung dan Ical----Metrotvnews.com/Zulfikar

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie dan kubu Agung Laksono telah bersepakat dalam islah terbatas tahap kedua. Kesepakatan itu dituangkan dalam empat poin penting demi bisa ikut dalam Pilkada Serentak 2015.

"Kesepakatan ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan yang pertama pada tanggal 30 Mei 2015, khususnya tentang pendaftaran calon ke KPU," ujar JK yang menjadi inisator islah, di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (11/7/2015).

Kesepakatan itu diteken kedua kubu. Poin pertama, kata JK, tim penjaringan bersama bekerja untuk menetapkan calon-calon gubernur, bupati, dan wali kota secara bersama di setiap daerah pemilihan.

"Poin kedua yakni apabila ada daerah yang berbeda calon dari masing-masing pihak dan tidak bisa disatukan secara musyawarah maka dilaksanakan dengan survei, atau cara demokratis yang lain untuk disetujui bersama, di mana calon yang paling tinggi suaranya menjadi calon yang disetujui," imbuh JK.

Ketiga, pengurus DPP atau DPD I dan DPD II masing-masing pihak dengan terkoordinasi mengajukan surat pendaftaran secara terpisah dengan satu pasang calon yang sama. Kemudian, hasil tim bersama akan ke KPU atau KPUD masing-masing daerah pemilihan setelah mendapatkan penetapan dari tim penjaringan tingkat pusat.

"Terakhir, status kedua pengurus tetap berjalan bersama sampai dengan keputusan pengadilan yang bersifat tetap atau dicapai islah yang penuh," tandas JK.

Poin-poin Kesepakatan ini pun ditandatangani kedua kubu yang diwakili Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Bali, Aburizal Bakrie dan Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Ancol, Agung Laksono. Serta, masing-masing sekretaris jenderal dari dua kubu Partai Golkar yakni Idrus Marham dan Zainudin Amali.


(TII)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /