Pernah Korupsi, Mantan Bupati Ini Berniat Maju Lagi

Kuntoro Tayubi    •    11 Juli 2015 16:25 WIB
pilkada serentak
Pernah Korupsi, Mantan Bupati Ini Berniat Maju Lagi
Mantan Bupati Brebes Indra Kusuma di kediamannya di Jalan Sudirman, Brebes. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Mantan Bupati Brebes Indra Kusuma kembali berniat mencalonkan diri menjadi bupati Brebes pada pilkada 2017 mendatang. Ia termotivasi membersihkan nama baiknya akibat tersangkut korupsi lima tahun yang lalu.

Pada 2010 majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menjatuhkan vonis dua tahun penjara dan denda Rp250 juta, subsider 6 bulan kurungan. Indra terbukti melanggar Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Indra yang saat itu menjabat Bupati Brebes dinyatakan terbukti menggelembungkan harga tanah dalam pengadaan lahan seluas 2.100 meter persegi di dua lokasi untuk Pasar Brebes pada 2003.

“Saya mencalonkan nanti bukan untuk memimpin atau berkuasa tapi untuk memperbaiki nama baik saya. Namun, mekanismenya tetap saya serahkan ke partai,” kata Indra yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes di kediamannya, di Jalan Sudirman, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (11/7/2015).

Indra menjelaskan, keinginannya maju dalam Pilkada Brebes 2017 mendatang juga karena ingin membenahi sistem pemerintahan dan melanjutkan program-programnya yang belum terlaksana di periode kepemimpinan Bupati yang sekarang.

Saat ini, Indra tengah mengamati dukungan langsung dari masyarakat. Sebab, ia optimistis mesin partai di daerah akan mendukung. “Terbukti pencalonan ketua DPC saya terpilih lagi. Jadi, saya yakin teman-teman di ranting sebenarnya 100 persen mendukung saya,” kata Indra yang sudah menduduki ketua DPC PDI Perjuangan Brebes selama empat periode sejak 2010.

Indra Kusuma adalah Bupati Brebes yang menjabat sejak 2002 sampai Agustus 2010. Ia merupakan Bupati pertama yang terpilih dua periode pada secara langsung, yakni pada 2002-2007 dan 2007-2012. Saat itu ia berpasangan dengan Agung Widyantoro dan dicalonkan oleh PDIP dan Partai Golkar.

Namun, karena Indra ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK dalam kasus pembelian tanah, jabatan bupati yang diemban sejak 2002 akhirnya diberhentikan. Agung yang menjadi wakil kemudian ditunjuk sebagai pelaksana tugas Bupati Brebes sejak Agustus 2010.

 


(UWA)


Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?
Final Piala AFF 2018

Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?

15 hours Ago

Media Malaysia menurunkan tulisan tentang tingkah laku wartawan Vietnam selama Final Piala AFF …

BERITA LAINNYA
Video /