Uni Eropa dan IMF Beri Lampu Hijau ke Bailout Yunani?

Gervin Nathaniel Purba    •    11 Juli 2015 18:05 WIB
ekonomi yunani
Uni Eropa dan IMF Beri Lampu Hijau ke <i>Bailout</i> Yunani?
Ilustrasi Yunani -- Reuters/Alkis Konstantinidis

Metrotvnews.com, Athena: Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) mengeluarkan penilaian awal yang positif pada permintaan paket penyelamatan (bailout) baru yang diajukan Yunani.

Mengutip Reuters, Sabtu (11/7/2015), salah satu sumber mengatakan penilaian positif ini merupakan kesimpulan bahwa Athena memerlukan sekitar 74 miliar euro dana untuk memenuhi kewajibannya. Hal ini akan menjadi bagian penting dalam perundingan antara para menteri zona euro di Brussels pada Sabtu siang waktu setempat.

BBC melaporkan, Eurogroup dan para Menteri Keuangan zona euro telah menerima penilaian dari Uni Eropa dan IMF mengenai proposal baru. Para Menteri akan membahasnya dari pukul 13.00 GMT dan pertemuan kepala Pemerintahan zona euro dijadwalkan Minggu.

Pertemuan tersebut akan diikuti oleh Uni Eropa, di mana setiap perjanjian harus diratifikasi oleh parlemen di beberapa negara Uni Eropa. Presiden Prancis Francois Hollande menggambarkan bahwa mereka serius terhadap hal ini. Akan tetapi Kementerian Keuangan Jerman memperingatkan bahwa ada sedikit kelonggaran dalam hal restrukturisasi.

Setelah perayaan di Athena, menyusul hasil referendum yang menolak langkah penghematan lebih jauh, muncul rasa kesal karena parlemen kini diminta menerima paket langkah-langkah yang sangat mirip. Ketua Partai Yunani Merdeka yang berhaluan kanan dan merupakan koalisi junior dalam pemerintahan Tsipras mengatakan anggota parlemen dari partainya mendukung proposal itu dengan berat hati.


(AHL)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

2 days Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /