Harga di Atas Normal, Palembang Gelar OP Daging Murah

Antara    •    12 Juli 2015 15:46 WIB
operasi pasarharga daging
Harga di Atas Normal, Palembang Gelar OP Daging Murah
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Metrotvnews.com, Palembang: Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina mengatakan Palembang melakukan operasi pasar (OP) daging murah karena salah satu kebutuhan pokok itu harganya sudah di atas nasional.

Ia mengungkapkan, harga daging nasional berkisar Rp100 ribu per kilogram (kg) hingga Rp102 ribu per kg. Namun demikian, di Palembang harga daging tercatat sudah berada di atas harga nasional itu. "Dan, Palembang lebih dari itu," kata dia, kepada wartawan usai melaksanakan pasar murah daging di Pasar Cende, Palembang, Minggu (12/7/2015).

Lebih lanjut Srie menjelaskan bahwa di pasar murah ini pihaknya menetapkan harga daging sebesar Rp99 ribu per kg atau lebih rendah dari pasaran. Pasar murah ini digelar dengan harapan sebagai penyeimbang khususnya komoditi daging sapi.

Untuk Palembang sendiri ada lima pasar menjadi tempat operasi pasar yakni Cende, Sekip Ujung, Pal 5, Kuto, dan Lembang. Sementara daging sendiri pihaknya menyiapkan 15 ton daging yang juga disebar di lima pasar tersebut.

Menurut dia, dapat dijualnya daging lebih murah tersebut karena pihaknya membeli langsung ditempat pemotongan di Subang, Jawa Barat. "Harganya lebih murah sehingga dapat dijual lebih rendah lagi," pungkas dia.


(ABD)