Jumlah Pemudik di Terminal Cicaheum Terus Menurun

Roni Kurniawan    •    12 Juli 2015 16:03 WIB
ramadan 2015
Jumlah Pemudik di Terminal Cicaheum Terus Menurun
Suasana di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, pada H-5 Lebaran 2015. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Memasuki H-5 Lebaran 2015, jumlah masyarakat yang hendak melakukan mudik dari Terminal Cicaheum, Kota Bandung, masih belum mengalami peningkatan yang berarti. Puncak arus mudik diprediksi baru akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Kepala Terminal Cicaheum, Abdul Haris, mengatakan peningkatan jumlah pemudik belum terjadi karena sejumlah instansi, baik pemerintah maupun swasta, belum meliburkan para pegawainya.

"Belum masuk jadwal cuti para pegawai. Mereka menunda jadwal mudiknya. Selain itu, ada yang mudik lebih awal karena aktivitas sekolah sudah libur sejak awal. Jadi, memanfaatkan momen itu," ujar Haris, di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/7/2015).

Haris mengatakan, mendekati Lebaran, tren jumlah pemudik memang mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari biasa. Pada H-7 Lebaran tercatat ada 3.330 penumpang dengan jumlah bus yang diberangkatkan sebanyak 251. Kemudian pada H-6 meningkat menjadi sebanyak 4.294 penumpang dengan 272 bus.

Namun, jumlah itu menurun dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu. Pada H-7 Lebaran tahun lalu terminal ini disesaki 3.660 penumpang dengan 221 bus yang diberangkatkan. Sementara pada H-6 sebanyak 4.489 penumpang dengan 240 bus.

"Masyarakat mulai beralih, salah satunya menggunakan sepeda motor. Belum lagi dengan banyaknya program mudik gratis. Jadi, setiap tahun tren jumlah pemudik dari terminal selalu menurun," imbuhnya.


(UWA)